BPKP Sumbar Serahkan Laporan Pengawasan Semester I

PADANG (3/8) - Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro, didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A Mohammad Allin, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Kasmual, serta Pengendali Teknis menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan di Wilayah Provinsi Sumatera Barat Semester 1 Tahun 2020 kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Kedatangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumbar disambut baik oleh Gubernur Sumatera Barat beserta jajaran dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Penyerahan Laporan Pengawasan disaksikan oleh Inspektur Provinsi Sumatera Barat Mardi, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Delliyarti SM, serta Kepala Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat Zaenuddin.

Buyung Wiromo Samudro menyampaikan isi Laporan Hasil Pengawasan yang mencakup Pengawalan Akuntabilitas Keuangan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan 3 fokus pengawasan lainnya, yaitu pengawasan proses pembangunan nasional, pengawalan dan pengamanan aset negara/daerah, dan memantapkan governance systems. Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, Perwakilan BPKP Provinsi Sumbar akan melakukan pengawasan dan meminta dukungan dari gubernur untuk menjalankan tugas tersebut. Kaper BPKP Sumbar Buyung Wiromo juga mendorong Inspektur Provinsi untuk terus melakukan pembinaan terhadap APIP Pemerintah Kabupaten/Kota dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Pada pertemuan tersebut, Gubernur Irwan Prayitno menerima dengan baik dan mengucapkan terima kasih atas laporan pengawasan tersebut. Ia berharap Perwakilan BPKP Provinsi Sumbar terus meningkatkan pengawasan agar kualitas pengelolaan dan akuntabilitas keuangan dan pembangunan di wilayah Provinsi Sumatera Barat juga meningkat. Sinergi dan Koordinasi BPKP Sumbar dan Pemprov Sumbar akan terus ditingkatkan. 

(Tim Kominfo BPKP Sumbar)