Exit Meeting Assessment Penerapan GCG PTPN Group

Komisaris Utama PTPN III (Persero) Amal Bhakti Pulungan selaku narasumber membuka acara dan menyampaikan sambutannya. Amal Bhakti berterimakasih kepada seluruh tim BPKP baik dari pusat maupun perwakilan atas partisipasinya dalam Gabungan Assessment GCG dengan PTPN Group. Ia juga memberikan apresiasi kepada BPKP selaku assessor pelaksanaan assessment GCG. Ia berharap seluruh jajaran perusahaan baik di manjemen maupun dewan komisaris saling bersinergi demi terciptanya implementasi GCG yang baik.

Mohammad Abdul Ghani selaku Direktur Utama menyampaikan, saat ini PTPN sedang melakukan transformasi yang bukan hanya dari sisi keuangan saja tetapi juga pada tata kelola. Disampaikan pula, kedepan PTPN akan berfokus untuk mendukung food and strategy security, seperti menambah area lahan perkebunan gula dan sawit dengan tujuan untuk melipat gandakan produksi gula dan sawit tersebut menjadi dua kali lipat sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah. Tujuan dari tranformasi pada industri gula ke depan adalah meningkatkan kinerja korporasi, kesejahteraaan karyawan, petani meningkat serta konsumen mendapatkan hasil yang adil.

Pada kesempatan ini, Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan bahwa hasil assessment dan area of improvement yang telah diidentifikasi dapat digunakan oleh jajaran direksi dan komisaris dalam mengambil langkah-langkah perbaikan untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola di lingkungan PTPN Group. Disampaikan pula bahwa komitmen seluruh organ perusahaan sangat dibutuhkan sehingga GCG tidak sekadar menjadi pemenuhan parameter dan formalitas prosedural, melainkan diimplementasikan secara nyata, menjadi budaya dan praktik-praktik yang melekat dalam proses bisnis perusahaan. Kepala BPKP mengharapkan penyaluran dana tersebut dapat dikelola secara efektif dan digunakan sebaik-baiknya untuk mendorong peningkatan performa perusahaan, dan pada akhirnya dapat memberikan kontribusi kepada pemulihan ekonomi nasional. Dia juga berharap assessment tersebut dapat terus berlanjut sebagai upaya dalam mengawal aset bangsa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Laporan Hasil Assessment GCG PTPN III (Persero) oleh Deputi Akuntan Negara Bonny Anang Dwijanto kepada Direktur Utama PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani dan ditutup dengan sesi foto Bersama.

(Kominfo BPKP/Diana)