Agile Internal Auditor Sangat Dibutuhkan dalam Menghadapi Perubahan

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan atas peningkatan kapabilitas APIP level 3 Inspektorat Kabupaten Rejang Lebongkepada Bupati Rejang Lebong. Acara dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Rejang Lebong dan dihadiri oleh Inspektur, Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu memberikan ucapan selamat atas keberhasilan Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong dalam mencapai tingkat kapabilitas APIP level 3. Iskandar Novianto meminta kesediaan Inspektur Kabupaten Rejang Lebong untuk dapat menjadi tempat studi praktek bagi inspektorat lain di Provinsi Bengkulu terkait praktik-praktik terbaik yang telah dilakukan Inspektorat Rejang Lebong untuk mecapai kapabilitas APIP level 3.

The Institute of Internal Auditors (IIA) menekankan betul bagaimana peran APIP untuk penguatan pengawasan baik melalui kegiatan assurance dan yang penting juga kegiatan consulting. Consulting ini artinya bagaimana APIP secara aktifmemberi early warning system terkait governance, risk management, dan control” ungkap Iskandar Novianto. Iskandar Novianto juga menyampaiakan di tingkat dunia sudah mengarah kepada agile internal auditor yaitu bagaimana kecepatan APIP dalam menghadapi perubahan-perubahan lingkungan untuk mengawal program-program mitra kerja tercapai lebih baik. Masa Covid-19 menciptakan lingkungan VUCA (Volatile, Uncertain, Complexity, Ambiguity) yaitu lingkungan yang makin bergejolak, bertambahnya ketidakpastian, kompleks, dan bertambahnya ambiguitas. Dalam kapabilitas APIP level 3, selain mengawal GRC (Governance, Risk Management,and Control), APIP juga dituntut untuk mampu mengikuti perubahan dan secara aktif memberikan atensi atau masukan baik diminta maupun tidak kepada mitra kerja supaya tujuan mitra kerja dapat tercapai secara optimal sehingga tujuan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik dapat tercapai dengan baik dan optimal.

Bupati Rejang Lebong menyampaikan ucapan termakasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu atas apresiasi, bimbingan, arahan, masukan dan kerjasamanya sehingga Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong dapat mencapai kapabilitas APIP level 3. Bupati Rejang Lebong juga memberikan penghargaan kepada BPKP atas peran dan kontribusi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan Kabupaten Rejang Lebong yang bersih dan baik sehingga memperoleh opini WTP atas LKPD Tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan.

(Kominfo BPKP Bengkulu)