Tampil di Weekly News TVRI, BPKP Kalbar Tunjukkan Semangat Berkelas Dunia

Dikdik Sadikin menjelaskan amanat Inpres Nomor 4 Tahun 2020 di mana BPKP mendorong pemerintah daerah untuk mengalokasi anggarannya untuk pengadaan dan bantuan sosial terkait penanganan COVID-19. Melalui implementasi pendampingan dan pengawasannya, BPKP memantau implelementasi pelaksanaan anggaran tersebut untuk membantu masyarakat terdampak. 

Di samping pertanyaan yang bersifat serius, siaran tersebut juga diisi dengan obrolan ringan. Diketahui bahwa Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalbar Dikdik Sadikin ini juga memiliki hobi menggambar karikatur dan memiliki minat di bidang penulisan, bahkan pernah menjadi pemimpin redaksi Majalah Warta Pengawasan.

Menurutnya, keseimbangan antara tugas-tugas negara dengan hobi menjadi penting. “Hobby can make me happy,” ujar Dikdik. Terkait dengan pandemi COVID-19 ini, happiness atau kebahagiaan itu dapat meningkatkan imunitas sehingga kita lebih sehat. “Dengan hobi, kita terjaga dari virus, sekaligus dapat meningkatkan kinerja kantor, karena mendapatkan asupan tambahan tenaga atau semangat yang diperbarui terus-menerus lewat kebahagiaan itu,” imbuh Kaper BPKP Kalbar itu.

Di akhir siaran, penyiar menyampaikan apresiasi atas "keberanian" Kaper BPKP Kalbar untuk menyampaikan tugas dan fungsi kantornya dalam bahasa Inggris. Dikdik Sadikin merespon hal itu dan mengatakan sudah menjadi kewajiban dari kantornya bahwa BPKP mencanangkan diri sebagai world class auditor. Tentu, karena cakupannya worldmaka konsekuensinya penggunaan bahasa internasional, yaitu Bahasa Inggris, menjadi kewajiban yang tidak dapat dielakkan lagi.

Dalam kesempatan itu, Nurul mengimbau agar pejabat lain dapat lebih berani untuk speak up terkait programnya dalam bahasa internasional tersebut.

Usai pengambilan gambar live di studio TVRI Kalbar itu, Dikdik Sadikin dijumpai oleh Kepala Stasiun TVRI Kalbar Risal Damis untuk menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik. Risal Damis juga menyampaikan perihal perpindahan penugasan dirinya sebagai Kepala Bidang di Litbang TVRI Jakarta. Namun demikian, Risal tetap berharap kerja sama BPKP Kalbar dengan TVRI dapat terus berlanjut di kesempatan mendatang.

(Kominfo BPKP Kalbar/Fajar Winarso)