Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Exit Meeting Assessment GCG PT Perkebunan Nusantara I
30 Juni 2020 08:03:19 / aceh1 / dibaca: 96 kali / Kat: GCG

Banda Aceh (29/6) – Exit meeting assessment Good Corporate Governance (GCG) pada PT Perkebunan Nusantara I digelar secara virtual dan dihadiri oleh pemegang saham, dewan komisaris, dan dewan direksi bersama dengan organ lainnya. BPKP diwakili oleh Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya didampingi oleh Koordiantor Pengawasan Bidang Akuntan Negara beserta tim assessment.

Pada kesempatan ini, Direksi PTPN I Irvan Edison mengucapkan terima kasih atas penilaian GCG di PTPN I sekaligus memberikan apresiasi atas kerja sama yang sudah berjalan baik selama ini. Ia pun berjanji ke depan untuk meningkatkan kerja sama dan mengajukan meminta bantuan BPKP Aceh untuk meningkatkan kinerja PTPN I.

Pada kesempatan tersebut, Indra dalam pengantarnya mengharapkan agar nilai GCG yang sudah mencapai 81,9 dari skor maksimal 100 atau berkategori baik ini menjadi modal yang untuk peningkatan kinerja dan optimalisasi pendapatan PTPN. Ia menekankan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian direksi, yaitu meningkatkan media kendali gratifikasi dan mengaktifkan whistle blowing system (sistem pelaporan pelanggaran).

Indra juga mengingatkan dari sisi dewan komisaris agar lebih fokus pada pengendalian rencana jangka panjang perusahaan, serta lebih maksimal dalam memberikan arahan–arahan kepada direksi agar tata kelola menjadi lebih baik. Untuk sisi direksi, Indra mengharapkan agar lebih keras lagi menyusun strategi yang efektif agar pencapaian target yang ditetapkan oleh pemegang saham dapat dicapai dengan baik melalui kolaborasi dan sinergi yang lebih kuat dengan dewan komisaris dan organ pendukung lainnya.

Saran tersebut disambut positif oleh Direktur SDM PTPN III Wing Antariksa selaku pemegang saham. Ia menyatakan bahwa sinergi dan strategi yang optimal dengan bingkai integritas akan membuat PTPN I punya masa depan yang lebih baik sebagaimana yang selalu diarahkan oleh Menteri BUMN. Turut disampaikan hasil penilaian dan analisis 43 indikator dan 153 parameter yang di dalamnya terdapat pencapaian yang sudah diperoleh PTPN I dan hal-hal yang perlu menjadi perhatian baik di tingkat komisaris, dewan direksi, dan pemegang saham di mana semua hasil penilaian tersebut telah mendapat persetujuan dan komitmen untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh dewan direksi PTPN I.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)



Share      

Berita Terkait:

03 Juli 2020 18:50:55 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: GCG
Asesmen GCG PTPN IX Semarang Raih Predikat Baik
01 Juli 2020 13:09:33 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: GCG
Direktur PTPN XIII Terima Hasil Assessment BPKP
01 Juli 2020 12:44:28 / riau1 / dibaca: kali / Kat: GCG
PTPN V Raih Predikat Sangat Baik
29 Mei 2020 18:05:40 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: GCG
GCG PT Pelindo IV (Persero) 2019 Raih Predikat Sangat Baik
16 Maret 2020 12:50:53 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: GCG
Direktur Utama PTPN XIII Komit Benahi GCG