Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Jaga Kinerja, Perumda Tirta Khatulistiwa Kembangkan Inovasi
29 Juni 2020 16:05:57 / kalbar1 / dibaca: 170 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Pontianak (24/6) - Menanggulangi COVID-19 ini, semua lini bahu membahu. Tidak ketinggalan Perumda Tirta Khatulistiwa Pontianak. Dirut beserta jajaran direksi perusahaan penyuplai air bersih penduduk kota Pontianak itu menyambangi Kaper BPKP Kalbar di ruang kerjanya Rabu lalu. Perumda Tirta Khatulistiwa Pontianak berkoordinasi guna membahas perbaikan tata kelola seiring peningkatan kinerja yang dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

Perumda Tirta Khatulistiwa Pontianak turut memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi. Bantuan tersebut berupa pemberian air minum gratis untuk masyarakat, seperti di tempat ibadah, panti asuhan/jompo atau rumah keluarga miskin, dan melakukan pembebasan 10 m3 pertama air minum kepada beberapa usaha kecil dan menengah untuk mengurangi tekanan ekonomi dalam membayar iuran air bersih.

Disampaikan oleh Dirut Perumda Tirta Khatulistiwa Lajito, jumlah bantuan yang dikucurkan oleh Perumda Tirta Khatulistiwa yang bermarkas di Kota Pontianak itu menembus angka 7,6 Miliar. Angka tersebut didapatkan dengan jangka waktu pemberian bantuan selama tiga bulan terhitung selama bulan April sampai dengan Juni 2020.   

Dengan berkurangnya pendapatan itu, Perumda harus menggenjot lagi produktivitas serta melakukan berbagai inovasi guna meningkatkan kinerjanya. Perumda terus melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan menerapkan penginputan atau monitoring secara komputerisasi. Teknis monitoring yang dilakukan tersebut membuat petugas tidak lagi mencatat secara manual. Melainkan memoto meteran dan meng-upload-nya ke server Perumda. “Dengan cara ini, kami dari pihak jajaran direksi, dapat memonitor keakuratan perhitungan meteran air melalui perangkat teknologi komunikasi masing-masing, dan dapat meminimaliasi tindak pidana berpotensi merugikan negara,” jelas Lajito saat diskusi bersama Kepala Perwakilan BPKP Kalbar Dikdik Sadikin.

Untuk menjaga agar tata kelola Perumda tetap terjaga, Dirut Lajito mengharapkan BPKP untuk melakukan pendampingan, seperti evaluasi kinerja serta bimbingan teknis mengenai sistem pengendalian intern dan manajemen risiko.

Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin didampingi Korwas Bidang Akuntan Negara Anto Hendrarto dan tim mengapresiasi langkah-langkah pemberian bantuan sosial yang dilakukan oleh Perumda. Disampaikan juga apresiasi atas inovasi Perumda dalam berakuntabilitas dari sisi akurasi data meteran. Ke depan, Dikdik berharap Perumda dapat lebih meningkatkan tata kelola yang semakin baik. Untuk itu, diharapkan komitmen dan integritas dari pimpinan agar meningkatkan tata kelola akuntabilitas yang lebih baik. “Selama komitmen dan integritas Pimpinan dan jajaran di Perumda itu dipegang teguh, kami siap untuk mendampingi Perumda dalam mencapai kinerjanya agar tetap akuntabel,” pungkasnya.

(Kominfo BPKP Kalbar/Fajar Winarso)



Share      

Berita Terkait:

08 Juli 2020 13:01:05 / sulut1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
DPRD Boltim Konsultasikan Realokasi Optimalisasi Anggaran BTT
07 Juli 2020 11:27:42 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kepri Audit Tempat Observasi Covid-19 di Pulau Galang
07 Juli 2020 10:07:50 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kepri Bina SPI PDAM Tirta Kepri
06 Juli 2020 10:13:20 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Sulbar Dorong Penyerapan Anggaran Penanganan Covid-19
06 Juli 2020 10:05:40 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Edukasi PBJ bagi OPD Wilayah Sumsel