Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kab. Belitung Timur Raih WTP dari BPK
22 Mei 2020 15:52:14 / babel2 / dibaca: 138 kali / Kat: SIMDA

Rabu (20/5) –  Di Audiorium Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilangsungkan acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Tahun Anggaran 2019 kepada lima Pemerintah Daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini dihadiri oleh Kepala Daerah dan Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, dan Kota Pangkalpinang. Kabupaten Belitung dan Belitung mengikuti kegiatan secara daring. Turut hadir dalam acara ini Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ikhwan Mulyawan

Pada LKPD TA 2019, tiga pemda berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Bangka Tengah. Tahun ini, Kabupaten Belitung Timur berhasil meraih opini WTP setelah menindaklanjuti permasalahan tahun-tahun sebelumnya terkait aset tetap. Untuk Kabupaten Belitung masih diberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) karena tersisa satu permasalahan signifikan terkait Aset Tetap yang perlu ditindaklanjuti.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ida Farida dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan kepada Pemda yang mampu mempertahankan opini WTP, juga apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Belitung Timur atas kerja keras dan upayanya untuk menindaklanjuti permasalahan tahun-tahun sebelumnya, yaitu meningkatkan opini menjadi WTP untuk LKPD TA 2019.

Ida Farida juga menyampaikan pandangannya bahwa Pemda memerlukan pendampingan yang intens dari pihak-pihak yang berkompeten dalam pengelolaan keuangan daerah, seperti BPKP agar kualitas dan trasparansi penyelenggaraan keuangan daerah semakin berkualitas dan bermanfaat bagi kemakmuran masyarakat Bangka Belitung

Pendampingan oleh BPKP dilakukan secara intensif melalui asistensi implementasi aplikasi SIMDA Keuangan, dan SIMDA Barang Milik Daerah, terutama dalam penatausahan, pelaporan keuangan sehingga penyajian laporan keuangan dapat dilakukan secara wajar sesuai standar akuntansi maupun kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan.

 

(Kominfo BPKP Bangka Belitung)



Share      

Berita Terkait:

21 Mei 2020 17:02:17 / babel2 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
SIMDA Bantu Pemprov Kepulauan Bangka Belitung Raih WTP
12 Mei 2020 06:57:26 / kaltaranews / dibaca: kali / Kat: SIMDA
SIMDA Bantu Pemda Implementasikan PP 90/2019
08 Mei 2020 11:35:37 / malut1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Maluku Utara Butuh SIMDA untuk Tata Kelola
05 Mei 2020 15:37:17 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Pemkab Landak Gunakan SIMDA untuk Realokasi Anggaran
23 Maret 2020 11:00:46 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Integrasi Perencanaan dan Penganggaran melalui SIMDA Perencanaan Tahunan