Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Pabar Sebar Tim Awasi BST dan BLT-DD
22 Mei 2020 15:41:14 / papuabarat1 / dibaca: 500 kali / Kat: Audit

Manokwari (20/5) - Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Muhammad Surjadi bersama Tim Satgas COVID-19 Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat melakukan pemantauan langsung penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Kabupaten Manokwari. Bantuan tersebut bersumber dari Kementerian Sosial yang disalurkan melalui PT. Pos Indonesia cabang Kabupaten Manokwari.

Mekanisme penyerahan BST dimulai dari undangan PT. Pos Indonesia kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui kepala distrik/lurah/kampung. KPM yang mendapat undangan tersebut mendatangi kantor pos atau mobil pos yang lokasinya telah ditentukan. Masyarakat hanya perlu membawa surat undangan tersebut dan diwajibkan membawa kartu tanda  penduduk (KTP), serta kartu keluarga (KK) yang asli. Setelah mendapat nomor antrian dan dipanggil oleh petugas, semua persyaratan yang dibawa dicek satu persatu oleh petugas untuk dicocokan apakah telah sesuai dengan daftar nominasi yang ada. Kemudian, petugas memindai barcode yang tertera dalam surat undangan penerima bansos melalui aplikasi yang telah disediakan dan KPM tersebut menandatangani bukti serah terima. Tak hanya itu, sebagai bukti dilakukan juga pengambilan foto wajah, uang tunai sejumlah Rp600 ribu, dan KTP secara bersamaan.

Sebelum memantau penyaluran BST, Tim Satgas COVID-19 Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat bersama tim PT. Indonesia cabang Kabupaten Manokwari melakukan koordinasi terkait penyaluran BST di wilayah Kabupaten Manokwari, kuota penerima bantuan, sistematika penyaluran BST, dan kendala yang terjadi selama penyaluran BST berlangsung.

Di hari yang sama, anggota tim lain melakukan pendampingan penyerahan paket sembako terhadap masyarakat terdampak COVID-19 di Kampung Lebau, Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari bersama Tim Penggerak PKK yang dihadiri oleh Ibu Wakil Gubernur dan Sekretaris Bapenda. Paket sembako tersebut bersumber dari APBD Pemeritah Provinsi Papua Barat.

Tak hanya itu, tim juga melakukan pendampingan terhadap penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kampung Teluk Mumbri, Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari bersama Kepala Kampung Teluk Mumbri.  BLT DD tersebut bersumber dari Dana Desa. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sejumlah Rp600.000,00 per masing-masing KK.

(Kominfo BPKP Pabar)

 



Share      

Berita Terkait:

29 Mei 2020 18:15:01 / aceh1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Pengawasan Percepatan PBJ Tahun Jamak Aceh
27 Mei 2020 12:44:11 / ntt1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Penyerahan BLT DD Pemkab Kupang
26 Mei 2020 17:04:51 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Audit
BPKP Ikuti Halal Bihalal Virtual Komisi XI DPR RI
26 Mei 2020 13:35:01 / aceh1 / dibaca: kali / Kat: Audit
BPKP Aceh Kawal Bantuan Sosial hingga ke Tangan Penerima
26 Mei 2020 13:15:22 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: Audit
Peninjauan Penyaluran Bansos Kota Gorontalo