Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

MPAK 2020 Fokus pada Penanggulangan COVID-19
22 Mei 2020 12:37:47 / bengkulu1 / dibaca: 163 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi

Bengkulu (20/5) - Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu melaksanakan konferensi video untuk membentuk Masyarakat Pembelajaran Antikorupsi (MPAK) dengan 10 OPD pada Instansi Pemerintah Kota Bengkulu, termasuk Inspektorat Kota Bengkulu.

 

Pihak BPKP dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Iskandar Novianto beserta Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Parluhutan Sinaga dan Tim MPAK Bidang Investigasi. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran dalam rangka pengembangan MPAK ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya BPKP sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk melaksanakan tugas yang diamanatkan dalam PP 60/2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Peraturan Presiden 192/2014 tentang BPKP.

MPAK merupakan program yang dikembangkan oleh BPKP sebagai suatu paradigma dalam pemberantasan korupsi yang menempatkan pembelajaran antikorupsi, sebagai sebuah kegiatan yang berkelanjutan yang diharapkan dapat menjadi faktor kunci keberhasilan pemberantasan korupsi. Korwas Bidang Investigasi dan Tim Penugasan MPAK memfasilitasi peserta belajar agar dapat memperoleh pengetahuan dan menguasai ketrampilan/keahlian mengenai antikorupsi, serta belajar untuk mengubah sikap menjadi antikorupsi. Pengembangan MPAK bertujuan meningkatkan pemahaman para peserta mengenai korupsi dan antikorupsi, serta untuk membangun kepedulian agar peserta dapat berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi, khususnya kini berkenaan dengan penanggulangan COVID-19.

Kegiatan pembelajaran ini dikemas dalam diskusi tentang identifikasi dan analisis risiko  fraud  dalam penanggulangan COVID-19 pada instansi Pemerintah Kota Bengkulu. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan daftar risiko fraud kegiatan pemerintah daerah dan diimplementasikan sebagai tools pencegahan korupsi, seperti Fraud Control Plan (FCP) dan budaya organisasi antikorupsi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Inspektur Kota Bengkulu Sahudin, Kepala BPBD Selupati, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan sekaligus Kepala Satpol PP Saipul Apandi, Kepala Dinas Kesehatan Susilawaty, Kepala Dinas Perhubungan Bardin, Kepala Dinas Sosial Bujang HR, Kepala RSUD Harapan dan Doa Ista Cerliveira, dan yang mewakili Satuan Kerja Polres Bengkulu.



Share      

Berita Terkait:

29 Mei 2020 18:18:59 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
KPK Luncurkan Jaga, Sinergi Pengawasan Bansos dengan BPKP dan Kemensos
26 Mei 2020 10:46:21 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
BPKP Jambi dan KPK Kompak Tangkis Korupsi
21 Mei 2020 18:28:38 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Komunikasi Wujudkan Masyarakat Antikorupsi
21 Mei 2020 17:07:36 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
KPK Apresiasi Pengawalan BPKP Sulbar atas Bantuan Sosial
20 Mei 2020 09:08:27 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
BPKP Maluku, KPK, dan Sekda Bicara Soal Bansos