Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Maluku Pastikan Sinkronisasi Data Bansos Tepat Waktu
14 Mei 2020 10:05:01 / maluku1 / dibaca: 500 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Ambon (11/5) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili mengikuti video conference (vidcon) yang dipimpin oleh Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh pada Senin sore (11/5). Bertempat di ruang rapat Kepala Perwakilan, turut hadir Tim Teknis Pengawalan Akuntabilitas Keuangan Penanganan COVID-19 BPKP Maluku.

Agenda koordinasi rutin kali ini, yaitu terkait sinkronisasi data bantuan sosial (bansos) tahap 2 yang tengah dilakukan oleh Tim Teknis Percepatan Penanganan COVID-19 di Perwakilan BPKP se-Indonesia. Di Provinsi Maluku sendiri, Perwakilan BPKP sudah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Maluku terkait sinkronisasi data pada penyaluran bantuan sosial ini beberapa waktu lalu. Dalam mengawal akuntabilitas percepatan penanganan COVID-19, Ateh menyebutkan jika seluruh data bisa dipadukan, maka data tersebut dapat dijadikan acuan dalam memantau penyaluran bansos tahap 2. Data tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah daerah dalam mengambil langkah kebijakan dalam percepatan penanganan COVID-19.

Ateh mengungkapkan bahwa data tersebut nantinya dapat menggambarkan secara rinci dan akurat pada jumlah masyarakat yang memenuhi kriteria sebagai penerima manfaat dari penyaluran bansos tersebut. Hasil dari sinkronisasi data nantinya dapat mencegah terjadinya duplikasi bantuan yang menyebabkan penyaluran bansos menjadi tidak merata.

“Jika kita bisa dengan segera mensinkronisasikan antara data usulan pemerintah daerah dengan DTKS, maka nanti bisa kita petakan siapa-siapa saja yang memenuhi kriteria sebagai penerima bansos. Jangan sampai terjadi adanya duplikasi bantuan,” tegas Ateh.

Kemudian Ateh mengingatkan kembali kepada seluruh Perwakilan BPKP untuk meng-update secara rutin terkait progres identifikasi data penerima bansos serta kendala apa saja yang dihadapi di lapangan. Ateh juga menegaskan kepada perwakilan yang belum merampungkan laporan DTKS tahap 1 untuk segera diselesaikan. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili mengakui masih terkendala soal permintaan data. Pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Inspektorat dan Pemda agar segera menyelesaikan masalah terkait permintaan data tersebut. Rizal Suhaili mengatakan jika akan merampungkan laporan DTKS tahap 1 sebelum Jumat pekan ini.  

Sebelum kegiatan vidcon berakhir, Ateh mengkoordinasikan terkait pengawasan terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di daerah-daerah. Ia juga menginstruksikan seluruh jajaran untuk menginventarisasi atensi BPKP kepada pemerintah pusat dan daerah. Kemudian pada penghujung kegiatan vidcon tersebut, Kepala Perwakilan Rizal Suhaili segera mengarahkan tim teknis untuk segera menghubungi kabupaten/kota yang hingga kini belum memberikan data terkait masyarakat penerima bansos. Rizal juga berkoordinasi dengan Ketua Tim Teknis Suharyanto agar segera membuat surat atensi kepada seluruh Ketua Gugus Tugas terkait jaring pengaman sosial. Selain itu, Rizal meminta kepada tim untuk segera berkoordinasi dan melaporkan soal data tersebut secepat mungkin, agar sebelum laporan ke pusat bisa terealisasi tepat waktu. Ia berharap agar kabupaten/kota dapat bekerja sama agar sinkronisasi data bisa segera di-update perkembangannya.

 

(Kominfo BPKP Maluku)



Share      

Berita Terkait:

18 Juni 2020 10:20:28 / sulut1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kapabilitas APIP Level 3 Berhasil Diraih Inspektorat Kab Kepulauan Sangihe
17 Juni 2020 11:45:42 / sulut1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kab. Bolsel dan Kab. Boltim Raih Kapabilitas APIP Level 3
16 Juni 2020 08:36:45 / sulut1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Inspektorat Kab. Kepulauan Talaud Capai Level 3 Kapabilitas APIP
11 Juni 2020 14:54:49 / sulut1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kapabilitas APIP Level 3 Untuk Inspektorat Kota Manado
10 Juni 2020 14:43:37 / sulut1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Inspektorat Kota Tomohon Raih Level 3 Kapabilitas APIP