Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Kawal Akuntabilitas Refocussing Kegiatan dan Realokasi Anggaran K/L/P
25 Maret 2020 14:08:55 / adminkita / dibaca: 244 kali / Kat: APBN

Jakarta (24/3) - Sebagai bagian dari langkah cepat dan tepat Pemerintah dalam penanganan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Presiden RI Joko Widodo memberikan instruksi melalui Instruksi Presiden RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Guna melaksanakan instruksi tersebut secara optimal sesuai tujuannya, maka diperlukan langkah-langkah yang cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergi antar Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah.

Dalam salah satu poin instruksi tersebut, Presiden Jokowi menginstruksikan Kepala BPKP untuk melakukan pendampingan dan pengawasan keuangan sesuai ketentuan perundang-undangan terhadap akuntabilitas keuangan negara untuk percepatan penanganan COVID-19 yang akan dilakukan. Sebagai respon cepat atas instruksi tersebut, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh memberikan arahan kepada para Kepala Perwakilan BPKP di seluruh Indonesia melalui video conference, yang dilaksanakan pada Selasa (24/3). Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPKP juga didampingi oleh para Deputi Kepala BPKP.

Dalam arahannya, Kepala BPKP menyampaikan bahwa BPKP telah menyusun Tata Cara Reviu atas Refocussing Kegiatan dan Realokasi Anggaran Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19, sebagai pedoman umum dalam pelaksanaan tugas. “Kita akan mendampingi, membantu kementerian, Lembaga, dan daerah untuk melakukan refocussing dan realokasi anggaran yang terkait langsung dengan kegiatan percepatan penanganan COVID-19,” jelasnya. Ateh menegaskan bahwa refocussing kegiatan dan realokasi anggaran tidak hanya pada kegiatan penyediaan alat-alat kesehatan saja tetapi juga pada penanggulangan dampak dari penyebaran virus COVID-19 ini di masyarakat, yang beragam bentuk kegiatannya. Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan terkait Tata Cara Reviu atas Refocussing Kegiatan dan Realokasi Anggaran Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19 yang disampaikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam dan PMK Iwan taufiq Purwanto selaku Koordinator Gugus Tugas.

 



Share      

Berita Terkait:

01 April 2020 08:07:16 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: APBN
Solusi Penilaian IKPA di Tengah Bencana
31 Maret 2020 08:18:11 / malut1 / dibaca: kali / Kat: APBN
BPKP Malut dan Para Inspektur Koordinasikan Pengawasan PBJ Penanganan COVID-19
05 Maret 2020 09:49:05 / diy1 / dibaca: kali / Kat: APBN
Kunker Komisi XI di DIY Bahas Pengelolaan Keuangan Negara
02 Maret 2020 09:34:37 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: APBN
BPKP Maluku Terima Penghargaan dari KPPN Ambon
31 Januari 2020 12:57:43 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: APBN
BPKP SulSel Kawal Penyusunan RAB RSUD Salewangang Maros