Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

3 Inspektorat Kabupaten di Kaltara Lakukan Telaah Sejawat
24 Maret 2020 08:34:29 / kaltaranews / dibaca: 222 kali / Kat: APIP

Tarakan (19/3) - Sebagai Pembina Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara memfasilitasi Telaah Sejawat Ekstern pada Inspektorat Kabupaten Tana Tidung, Inspektorat Kota Tarakan, dan Inspektorat Kabupaten Malinau. Kegiatan berlangsung tanggal 16-19 Maret 2020 di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan diisi oleh Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara R. Bimo Gunung Abdulkadir dan pegawai Perwakilan BPKP dari Bidang Program dan Pelaporan, serta Pembinaan APIP (P3A).

Kaper BPKP Provinsi Kalimantan Utara R. Bimo Gunung Abdulkadir berpesan untuk menghilangkan segala subjektivitas dan melakukan telaah secara objektif. Ia juga menyampaikan bahwa telah tersedia standar atau pedoman telaah sejawat yang dikeluarkan oleh asosiasi. Dengan adanya standar tersebut, maka ada rambu-rambu yang harus diikuti, sehingga kemudian mengetahui apa yang masih dianggap kurang, cukup, baik, dan seterusnya.

Dengan melakukan program-program pengembangan, Ia berharap selama acara berlangsung, para peserta bisa mengikuti dengan penuh semangat dan sehat, bisa mendapatkan manfaat dari telaah sejawat tersebut, serta bisa meningkatkan kinerja, tidak hanya di Inspektorat masing-masing tetapi juga di pemda masing-masing.

Sesi pertama mengenai telaah sejawat disampaikan oleh Koordinator Pengawas (Korwas) Bidang P3A Abdul Syukur. Pada kesempatan tersebut dibahas Program Pengembangan dan Penjaminan Kualitas, yakni Standar AIPI yang menyatakan bahwa pimpinan APIP harus merancang, mengembangkan, dan menjaga program pengembangan dan penjaminan kualitas yang meliputi semua aspek kegiatan audit intern. Untuk penilaian terdiri atas penilaian intern dan penilaian ekstern.

Ia juga menjelaskan mengenai teknik telaah sejawat ekstern yang terdiri dari tiga teknik, meliputi survei, wawancara, dan reviu dokumen. Survei digunakan untuk memperoleh informasi umum mengenai penerapan kode etik, efektivitas, dan efisiensi kegiatan pengawasan intern, serta pemenuhan harapan pemangku kepentingan. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi mendalam mengenai hasil survei yang telah dilakukan sebelumnya atau memastikan kondisi sebenarnya dari hasil reviu dokumen. Sementara itu, reviu dokumen dilakukan untuk memastikan bahwa proses kegiatan pengawasan intern telah sesuai dengan standar, kode etik, dan menilai efisiensi serta efektivitas dari kegiatan pengawasan intern. Hasil penilaian telaah sejawat, yaitu simpulan berupa kertas kerja penilaian dan area perbaikan berupa wawancara terbatas. Output-nya adalah berita acara hasil telaah sejawat yang sifatnya sementara.

Adapun Pedoman Telaah Sejawat Ekstern APIP dimaksudkan untuk menjadi panduan bagi APIP dan Komite Telaah Sejawat Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) dalam melaksanakan rangkaian kegiatan telaah sejawat ekstern antar-APIP sebagai salah satu bagian dari Program Pengembangan dan Penjaminan Kualitas (Quality Assurance and Improvement Program/QAIP). Pedoman ini berisi mekanisme koordinasi dan pelaksanakan kegiatan telaah sejawat ekstern antar-APIP mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan dan tindak lanjut yang dilengkapi dengan kertas kerja, serta daftar survei/kuesioner.

Pada hari terakhir, ketiga Inspektorat yang saling melakukan telaah sejawat menyampaikan paparannya. Menutup kegiatan, Kaper Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara R. Bimo Gunung Abdulkadir mengharapkan hasil telaah sejawat yang dituangkan dalam berita hasil telaah sejawat berupa AOI (Area of Improvement) segera ditindaklanjuti untuk perbaikan kualitas jasa pelayanan APIP. Ia juga menyampaikan ucapan selamat bagi peserta yang telah melakukan telaah sejawat dengan baik.

(Kominfo BPKP Kaltara)



Share      

Berita Terkait:

03 April 2020 19:35:18 / aceh1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Selain COVID-19, Penyelewengan Dana Pun Harus Dicegah
03 April 2020 19:24:34 / aceh1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Kaper BPKP Aceh Pantau Tim Teknis Penanganan Covid-19 BPKP Aceh
12 Maret 2020 11:15:35 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: APIP
BPKP Kalbar Ajak Itwasda Polda Berkontribusi Aktif Kawal Tata Kelola
25 Pebruari 2020 11:24:45 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: APIP
BPKP SulSel Fasilitasi Telaah Sejawat 3 APIP Inspektorat
24 Pebruari 2020 13:46:33 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Pengawasan dalam Membangun Good Governance dan Clean Government