Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Anggota VI BPK: Pengolaan Keuangan Bukan Cuma Kejar Opini
09 Maret 2020 09:47:22 / kalbar1 / dibaca: 1466 kali / Kat: Kementerian/Lembaga

Pontianak (6/3) – Pada Sertijab Kepala Perwakilan BPK Kalimantan Barat, Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis mengharapkan seluruh Kepala Daerah di Kalimantan Barat dapat responsif terhadap masalah kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayahnya. Untuk itu, pengelolaan keuangan daerah tak semata fokus mengejar opini. Mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Korwas Bidang APD BPKP Kalbar Suardi hadir pada kegiatan ini.

Dalam sertijab itu, Hery Ridwan yang sebelumnya menjabat sebagai Kalan BPK Perwakilan Provinsi Jambi telah resmi menjabat sebagai Kalan BPK Perwakilan Provinsi Kalbar yang sebelumnya dijabat oleh Joko Agus Setyono. Harry Azhar Azis  dalam sambutannya  mengatakan, Kepala Daerah seyogyanya dapat menyampaikan masalah-masalah yang terdapat di wilayahnya kepada BPK. 
 
“Kalau ada masalah, yang belum dapat perhatian, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan kepada BPK, agar dapat diberikan perhatian yang spesifik,” ujar Harry. 
 
Hal ini menurut Harry penting. "Banyak daerah-daerah yang perolehan opininya sudah WTP tetapi masyarakatnya belum sejahtera, " ujar Harry. Karena itu, menurutnya, pengelolaan keuangan daerah tidak semata harus berfokus kepada perolehan WTP saja. Namun di atas itu, tidak kalah penting juga fokus kepada kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Harry berpesan agar pengelolaan keuangan daerah harus juga merujuk kepada Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
 
"Dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia(IPM), kesejahteraan masyarakat  diharapkan akan terwujud. Hal itu dimungkinkan apabila keuangan daerah benar-benar digunakan untuk kegiatan yang dapat memberikan kontribusi, antara lain menurunnya angka pengangguran dan dapat mengentaskan kemiskinan," imbuh Harry.
 
Hadir dalam sertijab tersebut, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, Anggota VI BPK RI, para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar, para Keoala Daerah se- Kalbar, dan para Ketua DPRD Kabupaten/ Kota se-Kalbar.
 
 
(Kominfo BPKP Kalbar/ Fajar Winarso)


Share      

Berita Terkait:

02 Juli 2020 16:11:03 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kementerian/Lembaga
Rakorwas Penanganan COVID-19 Sulawesi Selatan
27 Juni 2020 09:56:10 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kementerian/Lembaga
BPKP Siap Bersinergi dengan BNN
18 Juni 2020 09:18:51 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kementerian/Lembaga
BPKP Ingatkan Risiko PBJ pada Pemilihan Serentak Tahun 2020
17 Juni 2020 15:21:56 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kementerian/Lembaga
Kolaborasi dan Sinergi APIP, BPK dan APH untuk Pengawasan yang Efektif
17 Juni 2020 15:21:09 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kementerian/Lembaga
Menangani Dampak COVID-19 dengan Cepat dan Akuntabel