SAKIP Award 2019, DIY Raih Peringkat Tertinggi

Yogyakarta (24/2) - Bertempat di Ballroom Hotel Tentrem, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh dan Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana menghadiri acara pemberian penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 pada Pemerintah Daerah dari 12 provinsi yang diselenggarakan oleh Kementrian PAN RB. Acara yang bertemakan “Making Change Making History, Take A Part and Keep Moving” ini dihadiri oleh para kepala daerah tingkat provinsi, kota/kabupaten yang masuk dalam wilayah regional III, beserta satker-satker terkait.

Gubernur D.I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IX dalam sambutannya berharap hasil evaluasi SAKIP ini mampu meneguhkan komitmen reformasi birokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang. Pemda harus berbenah untuk saling bekerja sama, bukan lagi sama-sama bekerja. Sementara itu Menteri PAN RB dalam pengarahannya mengatakan ada 5 skala prioritas dalam 5 tahun pemerintahan Presiden Jokowi, yaitu pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Pada tahun ini, capaian Wilayah III adalah 88 Kabupaten/Kota dengan predikat C dan CC, 75 Kabupaten/Kota berpredikat B, 10 Kabupaten/Kota berpredikat BB dan 5 Kabupaten/Kota berpredikat A. Untuk tingkat Provinsi, 1 Pemprov mendapatkan predikat CC, 9 Pemprov berperingkat B, 1 Pemprov berperingkat A dan 1 Pemprov predikat tertinggi AA.

Satu Pemprov yang mendapat predikat A adalah Pemprov Jawa Tengah, sedangkan satu Pemprov yang mendapat predikat tertinggi AA adalah D.I. Yogyakarta, yang berhasil mempertahankan predikat tahun sebelumnya. Menjadi satu-satunya pemerintah daerah dengan predikat tertinggi, D.I. Yogyakarta diharapkan mampu menginspirasi daerah lain untuk berbenah dan meningkatkan kualitas SAKIP.

Acara diakhiri dengan penyerahan award SAKIP 2019 oleh Menteri PAN RB kepada seluruh Pimpinan Daerah yang hadir.

(HumasBPKPDIY/Gadis)