BPKP Jatim Ingatkan Kelola Risiko Strategis dan Operasional

Mojokerto (14/2) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi JawaTimur Alexander Rubi Satyoadi melakukan koordinasi dan sinergi peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) pada Pemerintah Kota Mojokerto. Dalam koordinasi tersebut, Alexander Rubi diterima langsung Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah, Inspektur dan Kepala BPKAD. Peran dan kapabilitas Inspektorat menjadi sangat penting dalam mengawal tercapainnya visi dan misi Kepala Daerah dalam meningkatkan kinerja dan program-program pembangunan.

Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto, mengapresiasi peran BPKP dalam membantu kinerja Pemerintah Kota, termasuk mempekerjakan dua pegawai BPKP yang ditempatkan pada jabatan strategis selaku Kepala BPKAD dan Inspektur.

Ning Ita juga menyampaikan komitmennya untuk tetap mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Mojokerto. Ia memaparkan capaian kinerja pembangunan, dengan adanya lonjakan investasi Tahun 2019 yang mencapai Rp1,6 Trilyun atau 433% dibandingan tahun 2018 sebesar Rp300 Milyar. Dalam bidang pariwisata, Pemerintah Kota merencanakan pembangunan kawasan “Wisata Bahari Majapahit” yang telah ditetapkan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Untuk itu, Ning Ita berharap peran aktif Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur.

Atas capaian kinerja tersebut, Alexander Rubi memberikan apresiasi dan mengingatkan bahwa dalam mencapai tujuan organisasi terdapat risiko yang harus dikelola, sehingga harus dilakukan manajemen risiko pada setiap proses tata kelola pemerintahan. Khususnya atas risiko yang bersifat strategis pada tataran Pemerintah Daerah maupun risiko fraud pada tataran operasionalnya sehingga kegagalan dalam pembangunan dapat dihindari. Sejalan dengan itu, peran dan kapabilitas Inspektorat menjadi sangat penting dalam mengawal tercapainya visi dan misi Kepala Daerah.

Mengakhiri pertemuan tersebut, Alexander Rubi menekankan akan senantiasa melakukan koordinasi dan sinergi dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Mojokerto.