Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Bengkulu Utara Capai Level 3 Maturitas SPIP
14 Pebruari 2020 13:35:27 / bengkulu1 / dibaca: 524 kali / Kat: SPIP

Bengkulu (13/2) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Iskandar Novianto menghadiri acara pemberian piagam penghargaan dan ekpose hasil Quality Assurance Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2019.

Acara berlangsung di rumah dinas Bupati Bengkulu Utara yang dihadiri oleh Bupati Bengkulu Utara dan Sekretaris Daerah, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Bengkulu Utara. Dalam sambutannya, Iskandar menyebutkan ada 3 Poin Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern (SPIP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

Yang pertama adalah melakukan pembinaan kapabilitas APIP dan penyelenggaraan SPIP secara berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan SPIP dan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP. Poin selanjutnya, yaitu melakukan pengelolaan atas risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan pemerintah kabupaten Bengkulu Utara secara berkelanjutan. Poin terakhir adalah menerapkan PP 60 Tahun 2008 dalam hal Kepemimpinan yang Kondusif dengan memastikan tidak ada mutasi pegawai yang berlebihan di fungsi-fungsi kunci, seperti pengelolaan kegiatan operasional dan program, akuntansi atau pemeriksaan intern, yang mungkin menunjukkan adanya masalah dengan perhatian instansi pemerintah terhadap pengendalian intern.

Iskandar mengharapkan Pemerintah Daerah Bengkulu Utara yang telah mencapai Maturitas SPIP Level 3 bisa meningkat ke Level 4 dengan cara memperbaiki infrastruktur pengendalian intern atas pemenuhan peningkatan/penguatan parameter-paremeter subunsur SPIP yang menjadi Area Of Improvement (AOI). Antara lain melakukan evaluasi atas efektivitas implementasi dan kebijakan pada seluruh subunsur, serta menindaklanjuti saran atau hasil evaluasi tersebut. Melakukan pemantauan berkelanjutan atas seluruh kebijakan dan implementasinya pada masing-masing subunsur termasuk perubahan lingkungan strategis yang didukung dengan sistem informasi berbasis komputer yang terintegrasi online, real time, sehingga dapat memberikan informasi bagi pimpinan (dashboard pimpinan) secara update dan efektif untuk pengambilan keputusan.

(Humas Bengkulu/Yuni)



Share      

Berita Terkait:

24 Pebruari 2020 11:01:52 / jatim1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Penerapan SPIP Tingkatkan Good Governance
20 Pebruari 2020 07:36:03 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP DIY Sumbang Saran dalam Musrenbang I Inspektorat DIY
19 Pebruari 2020 14:10:01 / jatim1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Sinergi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Surabaya
14 Pebruari 2020 14:46:25 / adminkita / dibaca: kali / Kat: SPIP
Program Prioritas Penguatan Sistem Pengendalian Intern
14 Pebruari 2020 13:16:12 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Perkuat SPIP, Dua Pimpinan Instansi Vertikal Kaltim Bertemu