Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Gubernur Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Kalbar
14 Pebruari 2020 16:28:45 / kalbar1 / dibaca: 842 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Pontianak (11/2) - Gubernur Provinsi Kalimantan Barat  H. Sutarmidji melantik Dikdik Sadikin sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat yang baru, menggantikan Raden Suhartono yang telah dimutasi sebagai Kepala Biro Umum BPKP. Pelantikan dilanjutkan penyerahan Laporan Hasil Pengawasan BPKP se-Kalimantan Barat Semester II Tahun 2019. Gubernur menyampaikan pentingnya kerja sama seluruh pemda dan instansi vertikal di Kalimantan Barat dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

“Bersama BPKP, ke depan tata kelola Pemerintahan Provinsi Kalbar terutama tata kelola keuangan dan pembangunan di Kalbar akan ada perbaikan-perbaikan yang sangat signifikan. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan inovasi di daerah yang mungkin bisa disumbangkan ke tingkat nasional,” ujar Sutarmidji. Ia mengharapkan inovasi yang dapat terbukti lebih meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat itu dapat senantiasa dikawal oleh BPKP. Hasil pengawasannya seharusnya juga linier dengan hasil pemeriksaan BPK RI.

Sejalan dengan itu, Deputi Kepala BPKP Bidwas Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto yang turut hadir berharap dengan adanya pelantikan ini, maka kerja sama dapat terus ditingkatkan. Namun demikian, Iwan juga menegaskan perlunya mitigasi risiko sehingga kegagalan dalam pembangunan dapat dihindari.

“Memitigasi risiko kegagalan pembangunan menjadi penting, karena akuntabilitas yang telah dibangun dengan baik sekalipun dapat terancam efektivitasnya oleh tiga hal: intervensi, pengabaian sistem, dan kolusi. Hal ini mungkin dapat menjelaskan fenomena masih banyaknya kasus kecurangan (misalnya OTT oleh KPK), meskipun SPIP sudah dibangun dan kapabilitas APIP sudah ditingkatkan. Oleh sebab itu, membangun sistem dan pengawasan intern harus tetap dibarengi dengan upaya pembinaan integritas pegawai," pesan Iwan.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa Pemerintah harus mampu untuk memastikan bahwa program-program pembangunan tidak hanya sekadar sent (selesai dikerjakan), namun juga delivered, yang berarti manfaatnya betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Pemerintah harus memastikan bahwa belanja pemerintah dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang dilakukan secara akuntabel, serta bersifat berkelanjutan. Demi mewujudkan hal itu, Iwan berharap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat yang telah dilantik dapat diterima sebagai mitra kerja sehingga kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Untuk itu, komitmen seluruh aparat pemerintah di Provinsi Kalimantan Barat dituntut untuk senantiasa bersatu padu dalam sinergi. Hal ini penting untuk mengemban amanah penyelenggaraan pemerintahan yang berintegritas, akuntabel, dan fokus pada pelayanan masyarakat. “Semoga semangat ini dapat senantiasa kita jaga demi keberhasilan pembangunan bangsa," ucap Iwan menyampaikan pesan Kepala BPKP.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Semester II Tahun 2019 oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Dikdik Sadikin kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Barat H. Sutarmidji. Sertijab juga dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto yang mewakili Kepala BPKP, dan Direktur Pengawasan Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan Ayi Riyanto.

(Humas BPKP Kalbar/ Fajar Winarso)



Share      

Berita Terkait:

27 Pebruari 2020 16:55:31 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Sultra Resmi Dilantik
24 Pebruari 2020 11:25:26 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Ganjar Pranowo Kukuhkan Kaper BPKP Jateng
24 Pebruari 2020 10:29:29 / sulteng1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Coffee Morning, Forum Silaturahmi antar Instansi Vertikal di Sulteng
24 Pebruari 2020 10:28:26 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Sharing Session Bersama Deputi PPKD di BPKP Jateng.
21 Pebruari 2020 19:30:33 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pengukuhan dan Sertijab Kaper BPKP Sumsel