Penyerahan Kapabilitas APIP Kepada Bupati Klaten

Sri Mulyani didampingi oleh Inspektur Jajang Prihono, Kepala BKPPD Surti Hartini dan Asisten 1 Rony Roekmito menerima secara langsung laporan hasil penjamin kualitas kapabilitas APIP level 3 yang merupakan lampiran SP Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah dari Kaper BPKP DIY.

Slamet didampingi Korwas Bidang P3A Sunarto dan Kowas Bidang APD Udoyo Hari Wirawan menyampaikan capaian kapabilitas APIP level 3. Slamet meminta Sri Mulyani agar melakukan pengawasan secara berkala terhadap Inspektorat untuk menyakinkan bahwa Inspektorat Kabupaten Klaten telah melaksanakan kegiatan sesuai praktek pada APIP level 3, melakukan kegiatan untuk mencegah terjadinya korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten  dan melaksanakan manajemen risiko bagi setiap OPD dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Slamet juga meminta kepada Sri Mulyani agar menyiapkan anggaran yang cukup untuk peningkatan kompetensi auditor Inspektorat melalui diklat subtansi, seminar, workshop dan sertifikasi profesi. Hal ini bertujuan agar auditor Inspektorat dapat mengusai segala ilmu dan menjadi konsultan bagi OPD di lingkungan pemda.

Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada BPKP DIY yang selama ini telah mendampingi Inspektorat sehingga bisa mencapai Kapabilitas APIP Level 3 dan mendampingi OPD di lingkungan pemda Klaten. Selanjutnya Sri menjelaskan bahwa tahun 2020 ini telah mengalokasikan angaran untuk Inspektorat lebih tinggi dibandingkan OPD yang lain. Anggaran tersebut digunakan untuk meningkatkan kompetensi auditor di samping kegiatan operasional.

Pada akhir pertemuan, Slamet meminta agar Sri mendorong Inspektorat melakukan kegiatan Probity Audit atas program/kegiatan yang strategis sebagai upaya untuk pencegahan korupsi pada pengadaan barang dan jasa.

(Humas BPKP DIY/Narto)