Sinergi BPKP dan BPK Sulbar Kawal Akuntabilitas

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat Eydu Oktain Panjaitan menerima dengan baik kunjungan Kaper BPKP bersama rombongan. Eydu Oktain didampingi oleh Kepala Sub Auditorat Ali Wardhana dan Pemeriksa Ahli Madya Nursiska Ria.

Maksud Kunjungan Hasoloan Manalu dalam kunjungannya ke Perwakilan BPK Provinsi Sulbar adalah dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat terutama dalam pengawalan akuntabilitas keuangan di lingkup pemerintah daerah se-wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

Hasoloan menyampaikan bahwa sesuai tugas dan fungsinya, Perwakilan BPKP Provinsi Sulbar sebagai aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) siap melaksanakan pengawasan dan pembinaan kepada pemerintah daerah. Hal tersebut dilakukan melalui bimbingan teknis/asistensi/pendampingan kepada pemerintah daerah dalam rangka peningkatan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

"Kami berharap BPKP bisa terus mendampingi, membimbing dan membina pemerintah daerah di Sulawesi Barat terutama dalam pengelolaan keuangan daerah melalui penerapan sistem informasi seperti SIMDA, mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan, sehingga pengelolaan keuangan di pemerintah daerah semakin baik, semakin transparan dan semakinakuntabel," ingkap Eydu.  Ia juga mengapresiasi peran BPKP Sulbar yang selama ini sudah cukup bagus dalam mengawal akuntabilitas keuangan pemerintah daerah agar dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Sejalan dengan harapan tersebut, Hasoloan Manalu menyatakan siap untuk mendampingi pemda-pemda, di antaranya dengan melakukan bimbingan teknis dan asistensi terkait dengan pengelolaan keuangan pemda melalui penerapan SIMDA Terintegrasi mulai dari SIMDA Perencanaan, SIMDA Keuangan, SIMDA Pendapatan, SIMDA BMD dan SIMDA Gaji. Selain itu, Perwakilan BPKP Provinsi Sulbar juga telah dan akan terus melakukan pembinaan kepada Inspektorat di wilayah Sulawesi Barat untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Inspektorat sebagai aparat pengawasan internal pemerintah daerah. Hasoloan dan Eydu sepakat akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi untuk mengawal akuntabilitas keuangan daerah di wilayah Sulawesi Barat.

(Humas Sulbar/LS/IM/HI)