Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

KPK Gandeng BPKP Kuatkan Pemberantasan Korupsi
14 Januari 2020 21:03:06 / adminkita / dibaca: 1227 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Jakarta (10/1) – Bertempat di Ruang Rapat Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dilakukan koordinasi mengenai penguatan pemberantasan korupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Koordinasi tersebut diawali dengan perkenalan Pimpinan baru KPK periode 2019-2023. Lima pimpinan lembaga terpilih diantaranya Firli Bahuri sebagai Ketua KPK jilid V yang didampingi oleh empat orang Wakil Ketua KPK lainnya, yakni Alexander Mawarta, Nurul Gufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar. Selain itu, koordinasi juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas Kepala BPKP Iswan Elmi dan para pejabat eselon I dan II di lingkungan BPKP.

Koordinasi tersebut dilaksanakan mengingat BPKP merupakan mitra strategis pemberantasan korupsi. Koordinasi dilanjutkan dengan membahas rancangan isi memorandum of understanding (MOU) antara BPKP dengan KPK. Terdapat lima poin penting yang akan dirancang dalam MOU tersebut. Poin pertama mengenai persamaan frekuensi antara BPKP dan KPK mengenai pengawalan dan pencegahan korupsi. Poin kedua apresiasi KPK terhadap BPKP mengenai penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam mengawal dan mencegah korupsi. Poin ketiga, sikap BPKP dan KPK apabila melihat korupsi, yaitu jangan melihat status sosial tetapi lihat dari sisi pelaku sebagai koruptor, tetap melakukan yang terbaik, dan fokus mengedepankan pencegahan korupsi. Poin keempat, permohonan sumber daya manusia (SDM) di mana KPK memohon kesediaan BPKP untuk memberikan dukungan SDM auditor di KPK dalam mengatasi pengaduan masyarakat dan penguatan APIP di daerah. Poin terakhir, bantuan mengenai informasi korupsi, audit investigasi, bantuan auditor ahli, dan program peningkatan SDM KPK sebagai auditor dengan melakukan diklat auditor di Pusdiklatwas BPKP.

Dalam penutup koordinasi tersebut, Iswan menyampaikan harapan agar dapat terjalin sinergi yang baik antara BPKP dengan KPK sehingga membawa pencerahan dan kerja sama yang lebih baik lagi dimasa mendatang.



Share      

Berita Terkait:

24 Januari 2020 12:24:30 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Perkuat Tata Kelola, BPD Jateng Gandeng BPKP
24 Januari 2020 09:03:04 / malut1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
SP2D Online: Akuntabilitas, Efisiensi, dan Kecepatan Bertransaksi
09 Januari 2020 09:19:11 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP Bengkulu Terima Audiensi Pengurus IAI Bengkulu
23 Desember 2019 10:02:13 / cpns / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Sinergi BPKP Dalam Mencapai Visi Pembangunan Presiden 2020-2024
16 Desember 2019 14:07:32 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
UNIB Gandeng BPKP untuk Kuatkan Tata Kelola