Sinergi BPKP Mengawal SPIP dan APIP di BKKBN

Adanya kerja sama dengan BPKP, Hasto Wardoyo berharap agar dapat mewujudkan zona integritas. Hasto berterimakasih atas bimbingan yang telah dilakukan BPKP sehingga maturitas SPIP yang diraih BKKBN mengalami peningkatan dari level 2 menjadi level 3. Hasto juga berharap kerja sama, serta bimbingan dari BPKP dapat membangun sistem pengendalian intern yang baik.

BPKP telah mengawal beberapa program yang dilaksanakan oleh BKKBN, di antaranya pengawasan pada program pengadaan alat kontrasepsi, peningkatan kompetensi APIP dari level 2 menjadi level 3, serta evaluasi program BKKBN, salah satunya pada program kampung KB. Penilaian eksternal yang telah dilakukan BPKP kepada BKKBN dirasa dapat meningkatkan motivasi kinerja serta kompetensi APIP.

Pada akhir kegiatan, Pelaksana Tugas Kepala BPKP Iswan Elmi menyampaikan bahwa hal yang paling penting dalam sebuah kerja sama adalah adanya koordinasi. Iswan berharap agar pencapaian yang telah diraih oleh BKKBN dapat ditingkatkan dan menginspirasi kementrian/lembaga lain untuk meningkatkan maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP. Acara ditutup dengan penyerahan Piagam SPIP dan APIP oleh Pelaksana Tugas Kepala BPKP Iswan Elmi kepada Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.