Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

MONIKA dan LIPS Hadir di BPKP Maluku
07 Januari 2020 11:53:21 / maluku1 / dibaca: 795 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Ambon (6/1) - Monitoring Online Indikator Kinerja Anggaran (MONIKA) mulai diperkenalkan dalam workshop “Pengenalan Aplikasi MONIKA dan LIPS” yang bertempat di Aula Serba Guna Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

Untuk mengantisipasi inefisiensi dalam pengelolaan anggaran, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku meluncurkan dua aplikasi guna memantau kinerja anggaran secara online. Kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi Monitoring Online Indikator Kinerja Anggaran (MONIKA) dan Layar Informasi Pembayaran Perjalanan Dinas (LIPS). Operator dari aplikasi MONIKA merupakan sekretaris pada masing-masing bidang dan subbagian yang terdiri dari Subbag Kepegawaian, Subbag Umum, dan Subbag Keuangan.

Untuk menggunakan aplikasi MONIKA, masing-masing operator hanya dapat melihat kinerja anggaran pada bidangnya sendiri. Oleh karena itu, dibuatkan user dan password untuk mengakses aplikasi tersebut. Dalam aplikasi yang dipaparkan oleh Kepala Subbagian Keuangan Donald ini, terdiri dari rencana, realisasi, dan monitoring saldo anggaran yang sudah dibagi per akun belanja.

Pada aplikasi LIPS, dapat dilakukan pemantauan progress pembayaran perjalanan dinas yang sudah rampung atau terverifikasi sehingga verifikasi via telepon tidak diperlukan lagi. Informasi tersebut tampil secara real time melalui layar di lobby Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. Informasi seperti pemberitahuan berkas-berkas perjalanan dinas yang tidak lengkap, berkas yang sedang diverifikasi, hingga status siap bayar dapat dipantau melalui layar. Jika sudah siap bayar, maka akan muncul tanda hijau dan pegawai yang melakukan perjalanan dinas dapat langsung menghubungi subbagian keuangan.

Workshop pun ditutup dengan tanya jawab dari para peserta yang cukup antusias terhadap dua aplikasi tersebut. Peserta berharap kedua aplikasi ini segera diluncurkan untuk membantu peningkatan pengawasan kinerja Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

(aska)



Share      

Berita Terkait:

22 Januari 2020 13:33:59 / devina / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Accounting Goes to Company, Mahasiswa UMY
20 Januari 2020 14:15:59 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Jalin Hubungan Dengan Media, Tingkatkan Awareness BPKP
24 Desember 2019 10:35:35 / cpns / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
HUT ke-20 DWP di BPKP: Pentingnya Merawat Kebahagiaan untuk Optimalisasi Kinerja
23 Desember 2019 09:40:56 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP SulSel Kawal Puskemas Menuju BLUD
09 Desember 2019 11:12:36 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPS Woro-Woro Survey Penduduk 2020