BPS Woro-Woro Survey Penduduk 2020

Survey Penduduk 2020 (SP2020) bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia, baik secara de facto maupun de jure. Data ini akan menjadi parameter demografi dan proyeksi penduduk, serta Indikator Sustainable Development Goals (SDGs). Kepala BPS Suhariyanto dalam keynote speech-nya menyebutkan bahwa persoalan data yang selama ini terjadi disebabkan oleh perbedaan prinsip pengelolaan dan metode pengambilan data. Dengan Satu Data Indonesia, diharapkan dapat dihasilkan data yang berkualitas, akurat, koheren, mudah diinterpretasikan, dan mudah diakses oleh pengguna.

Terdapat inovasi pada SP2020 dibandingkan enam sensus penduduk sebelumnya. Pada SP2020 digunakan data administrasi kependudukan (adminduk) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri sebagai data dasar. Di samping itu, untuk pertama kalinya pengumpulan data pada sensus penduduk dilakukan dengan dua acara, yaitu Sensus Penduduk Online yang bisa diakses melalui laman resmi sensus.bps.go.id selama 15 Februari-31 Maret 2020 dan Sensus Penduduk Wawancara (SPW) pada bulan Juli 2020.

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono mengungkapkan bahwa data adalah sentral dari setiap kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, ia mengajak segenap masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam SP2020 mengingat hasil survey akan menjadi aset data yang sangat berguna bagi pemerintah mengambil langkah strategis menghadapi tantangan demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2036.

Ayo Pastikan Keikutsertaanmu dalam #MencatatIndonesia SP2020 !