Menuju Informatif, BPKP NTB Terus Benahi Pengelolaan informasi Publik

Di penghujung tahun 2019 ini, Perwakilan BPKP Provinsi NTB berhasil menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019 dengan kualifikasi “Menuju Informatif” sebagai Badan Publik Kategori Instansi Vertikal di Provinsi NTB. Anugerah ini merupakan hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019 (MONEV KIP NTB 2019) oleh Komisi Informasi Provinsi NTB.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTB Agus Puruhitaarga Purnomo Widodo menerima secara langsung anugerah tersebut dari Komisioner Komunikasi Informasi Provinsi NTB yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Provinsi NTB. Tiga kualifikasi bagi Badan Publik yaitu Informatif, Menuju Informatif, dan Partisipatif. Badan Publik yang memperoleh kualifikasi Informatif, yaitu KPU Provinsi NTB. Selain Perwakilan BPKP Provinsi NTB, pada kualifikasi "Menuju Informatif" terdapat BPK RI Provinsi NTB dan Pengadilan Tinggi Agama Mataram.

Dengan diberikannya anugerah Badan Publik Menuju Informatif, Perwakilan BPKP Provinsi NTB akan terus berbenah diri dalam mengelola informasi publik dan dokumentasinya sehingga dapat memenuhi amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Di kualifikasi kabupaten/kota, anugerah tersebut secara berurutan diraih oleh Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram pada kualifikasi Informatif. Pada kualifikasi Menuju Informatif, terdapat Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kota Bima. Untuk Organisasi Perangkat Daerah, anugerah berurutan diterima oleh Humas Setda Provinsi NTB, RSUD Provinsi NTB dan Bappeda Provinsi NTB dengan kualifikasi Informatif. Sementara itu, RSJ Mutiara Sukma, Dinas Perhubungan Provinsi NTB dan BPSDMD Provinsi NTB mendapatkan kualifikasi Menuju Informatif, sedangkan kualifikasi Partisipatif diraih oleh PT. Jamkrida NTB Bersaing.

(Humas BPKP NTB/zpc)