Wujudkan Kemudahan Akuntabilitas dan Pelayanan Publik Kepri

Turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya, beserta para pejabat dari Kementerian PAN-RB, Forkompimda, DPRD, Kepala OPD, dan Inspektorat di wilayah Kepulauan Riau.

Aplikasi yang diluncurkan, yaitu Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Simanja, SIAP, Sijabat, Sijapri yang dikembangkan oleh Pemprov Kepri dan SIMDA Terintegrasi yang dikembangkan BPKP.

Isdianto menyampaikan, melalui aplikasi SP4N, pengaduan masyarakat dapat ditangani dengan cepat, transparan, dan akuntabel. "Revolusi Industri 4.0 dan digitalisasi di lingkungan pemerintah daerah tidak lagi dapat dihindari, terutama dalam pengelolaan birokrasi dan pelayanan publik berbasis teknologi informasi terintegrasi yang berbasis web. Aplikasi yang telah diluncurkan, merupakan wujud nyata pelaksanaan pelayanan pengaduan publik yang cepat. Cukup gunakan handphone saja, sudah bisa langsung lapor. Ingat, kalau ada pelayanan tak memuaskan segera lapor”, ujarnya.

Selanjutnya, Isdianto menegaskan perlunya komitmen OPD untuk siap menerima dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat atas pelayanan publik dan turut mengucapkan terima kasih kepada OPD dan khususnya kepada Kepala Perwakilan BPKP Kepulauan Riau terkait pengembangan aplikasi yang telah diresmikan pada hari ini.

Acara ditutup dengan penekanan tombol oleh Gubernur bersama dengan Forkompimda dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau sebagai bentuk telah diluncurkannya Aplikasi SP4N Kepri.

(Humas BPKP Kepri)