Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pemkab Mahulu Gelar Launching Aplikasi SIMDA
27 Nopember 2019 10:34:00 / kaltim1 / dibaca: 787 kali / Kat: SIMDA

Samarinda (26/11) - Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang baru dibentuk tahun 2013 merupakan hasil pemekaran wilayah dari Kabupaten Kutai Baru. Sebagai kabupaten baru, Kabupaten Mahulu mulai banyak berbenah diri untuk mengejar ketertinggalan dari kabupaten lainnya. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi di era 4.0 dan selaras dengan gema reformasi untuk terwujudnya Good Governance dan Clean Goverment, maka perlu dibangun Sistem Informasi  Manajemen Daerah yang dapat menyediakan data dan informasi untuk mendukung kecepatan penyelenggaraan pemerintah daerah. Asisten III Kabupaten Mahulu Lilik Peng mengatakan bahwa kerja sama pembenahan tata kelola dengan BPKP Kaltim harus dilanjutkan secara lebih intensif.

Peluncuran Aplikasi SIMDA Pendapatan berlangsung di Hotel Selyca Mulia Samarinda. Acara yang diselenggarakan oleh Bapenda Kabupaten Mahulu tersebut dihadiri oleh segenap pimpinan OPD Kabupaten Mahulu, serta pejabat BPKP.
 
Asisten III Sekda Kab. Mahulu Lilik Peng dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur yang telah memberikan bantuan berupa aplikasi SIMDA kepada Pemkab Mahulu, termasuk aplikasi SIMDA Pendapatan untuk Bapenda Kab. Mahulu. Dengan adanya kegiatan bimtek, diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dan teknologi terkait dengan penyelengaraan tata kelola keuangan.
 
Selain itu, Pemkab. Mahulu saat ini sedang fokus untuk melakukan pembenahan aset dan penyelenggaraan tata kelola keuangan berdasarkan temuan hasil audit BPK-RI karena Pemkab Mahulu masih memperoleh opini Wajar Dalam Pengecualian (WDP) terhadap laporan keuangan tahun 2018.
 
Kepala Bagian  Tata Usaha Subroto yang mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari bimtek sebelumnya yang diikuti para operator Bapenda Kabupaten Mahulu. Adanya aplikasi SIMDA Pendapatan akan sangat membantu Pemkab. Mahulu dalam pencatatan pendapatan daerah, baik melalui pajak maupun retribusi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penghasil pendapatan daerah. Selain itu, SIMDA Pendapatan akan menghasilkan informasi yang cepat dan akurat untuk pengambilan keputusan secara efektif dan efisien. Hadirnya SIMDA Pendapatan merupakan upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan transparansi dalam pelaporan hasil pendapatan daerah Pemkab. Mahulu sebagai bagian dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemda.
 
(Humas BPKP Prov. Kaltim - Cakbro - Lutfi)


Share      

Berita Terkait:

16 Januari 2020 11:34:26 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Piramida Kinerja, Panduan Tingkatkan Kinerja Pemda
13 Desember 2019 10:07:37 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
BPKP dan Bank Kaltimtara Integrasikan SIMDA dengan CMS
13 Desember 2019 09:13:18 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
SIMDA Integrated Pangkas Inefektivitas Sistem
12 Desember 2019 14:04:41 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
SIMDA Perencanaan Dukung Capaian Tujuan Pemda
05 Desember 2019 09:25:34 / sakd1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Interoperabilitas Aplikasi E-Government Tingkatkan Pengendalian Intern