BPKP Kepri Raih Penghargaan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik

Turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.T.S Arif Fadillah, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya beserta seluruh pejabat kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam paparannya, Arif Fadillah menguraikan enam langkah strategis pelaksanaan anggaran di tahun 2020, di antaranya percepatan penetapan pejabat perbendaharaan, satker yang sebelumnya masuk Badan Ekonomi Kreatif dan Ditjen Dikti Kemenristek agar segera mengajukan revisi/perubahan nomenklatur ke DJA, percepatan penyusunan kalender kegiatan tiap satker (time frame of budget), percepatan proses pelelangan/pengadaan barang dan jasa khususnya yang berasal dari belanja barang dan modal sudah dapat dilakukan sejak DIPA 2020 ini diterima, optimalisasi penggunaan kartu kredit pemerintah (KKP), dan penyiapan/pemutakhiran kapasitas SDM pengelola keuangan dan pengelola kegiatan.

Arif juga menyampaikan alokasi belanja negara untuk wilayah Kepri pada tahun 2020 adalah 15,662 Triliun, dengan rincian belanja pemerintah pusat 7,044 Triliun dan TKDD (trasfer ke daerah dan dana desa) sebesar 8,617 Triliun. “Diharapkan dengan kenaikan alokasi anggaran sebesar 1,04%, target pertumbuhan ekonomi kepri 2020 sebesar 6,91%,” ujarnya.

Menutup pemaparan pada hari ini, Arif mengharapkan, melalui percepatan penyerahan DIPA 2020, peran APBN akan dioptimalkan untuk mendorong perekonomian di tengah ketidakpastian global ini dan sekaligus menjadi momentum awal pelaksanaan RPJMN menuju pencapaian visi Indonesia Maju Tahun 2045.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan DIPA kepada masing-masing pimpinan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau, termasuk Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang diserahkan langsung oleh Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya, sekaligus menerima penghargaan Satker dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Kedua dengan pagu anggaran di atas 50.000.000 sampai 100.000.000.

(Humas BPKP Kepri)