Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Siskeudes Bantu Pengelolan Dana Desa Kab. Timur Tengah Utara
22 Nopember 2019 09:59:37 / ntt1 / dibaca: 812 kali / Kat: Siskeudes

Kefamenanu (19/11) - Wakil Bupati Timor Tengah Utara Aloysius Kobesi secara resmi membuka Workshop "Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0.2" di Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara yang dilaksanakan di Aula Hotel Victory II Kefamenanu.

Tujuan diadakannya workshop adalah untuk meningkatkan implementasi aplikasi Siskeudes yang diharapkan dapat membantu terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang efektif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta untuk memberikan pemahaman pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa bagi para kepala desa. Workshop diikuti oleh 175 peserta yang merupakan camat, kepala desa, dan perangkat daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Aloysius menyatakan bahwa alokasi Dana Desa yang besar menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten mengingat secara umum pemerintah desa belum ditopang SDM aparatur desa yang kuat. Akibatnya, pengelolaan Dana Desa menimbulkan aneka persoalan mulai dari perencanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Untuk mengatasi dan mencegah timbulnya persoalan pengelolaan keuangan desa, pemerintah menciptakan instrumen untuk mempermudah pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes. Siskeudes membantu pemerintah desa mewujudkan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa. Aloysius juga menekankan pentingnya aparatur desa dalam meningkatkan pemahaman terhadap peraturan pengelolaan Dana Desa yang berlaku.

Narasumber yang hadir pada kesempatan tersebut, yaitu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT Hasoloan Manalu, Wakil Direktur Reskrimsus Polda NTT Dominicus Savio Yempormase, Pemeriksa Muda Perwakilan BPK Provinsi NTT Suandi.

Hasoloan dalam paparannya menyampaikan tentang pengawalan BPKP dalam mengawal pengelolaan keuangan desa. Adapun peran pengawalan yang dilakukan meliputi kegiatan bimbingan teknis dan konsultasi pengelolaan keuangan desa dan BUMDes, fasilitasi peningkatan kompetensi SDM Pemda dan desa, pengembangan aplikasi Siskeudes, serta memberi masukan kepada regulator (Kemenkeu, Kemendagri dan Kementrian Desa PDTT, Kabupaten/Kota). Ia juga mengulas tentang Aplikasi Siskeudes dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas keuangan desa, manfaat menggunakan aplikasi siskeudes, serta pengembangan Siskeudes. Ke depan, Siskeudes akan terkoneksi dengan Aplikasi OM SPAN Kemenkeu, Aplikasi Kompilasi Nasional Sipades, integrasi dengan Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes), Peningkatan Fitur Perpajakan, interkoneksi dengan Aplikasi E-Billing, dan interkoneksi dengan aplikasi lainnya.

Adapun Dominicus memaparkan tentang fungsi kepolisian dalam pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Ia juga menjelaskan peran penting babhinkamtibmas dalam mengawal Dana Desa. Suandi menekankan akan peranan BPK-RI dalam pengawasan pengelolaan keuangan Dana Desa. Pelaksanaan workshop berjalan dengan lancar, hal ini terlihat dari antusiasme peserta dan banyaknya pertanyaan, serta diskusi yang berlangsung. (Humas NTT)



Share      

Berita Terkait:

23 Juni 2020 11:12:14 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
Bimtek Siskeudes bagi Pengelola Keuangan Desa
15 April 2020 16:01:48 / kalteng1 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
BPKP Kalteng Optimalisasi Pendampingan Aparat Desa via Daring
16 Maret 2020 10:42:10 / babel2 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
Komite IV DPD RI Apresiasi Peran BPKP
13 Maret 2020 14:59:33 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
Bincang Malaqbi Bahas Pengawalan Akuntabilitas Keuangan Desa
09 Maret 2020 09:21:02 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
Jembrana Kelola Dana Desa dengan Aplikasi Siskeudes Online