Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Dukung Pengadaan BMD yang Akuntabel
22 Nopember 2019 09:45:55 / sulsel1 / dibaca: 3509 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Makassar (18/11) - Diklat Audit Barang Milik Daerah (BMD) di lingkup Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat berlangsung pada tanggal 18-22 November 2019 di Balai Pengelola Diklat Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. Peserta diklat berasal dari APIP se-Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap membuka diklat didampingi oleh Kabag Tata Usaha Agus Catur Hartanto. Turut hadir Ketua Penyelenggara Diklat Korwas P3A Iman Setyadi, serta Narasumber Korwas APD 1 Sigit Sulistyohadi dan Korwas APD2 Abdi Uluelang.

Dalam sambutannya, Arman menyampaikan bahwa Barang Milik Daerah (BMD) adalah barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBD dan barang yang berasal dari perolehan lainnya yang sah, meliputi barang yang diperoleh dari hibah/sumbangan, barang yang diperoleh berdasarkan ketentuan perundang-undangan, barang yang diperoleh berdasarkan putusan pengadilan yang sah, yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Pengelolaan BMD diatur dalam PP Nomor 27 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Derah, Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolanan Barang Milik Negara, dan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Audit BMD bertujuan untuk memberikan saran/rekomendasi atas penilaian Pengelolaan BMD sesuai ketentuan, antara lain mencakup penilaian atas pengadaan BMD yang harus dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan sesuai ketentuan," lanjut Arman. Penatausahan BMD terkait dengan penilaian, pencatatan, pelaporan sesuai standar, dan pemanfaatannya/penggunaannya harus sesuai kebutuhan dan peraturan yang berlaku.

Arman berharap, sekembalinya para peserta diklat ke unit masing-masing dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dan melakukan langkah-langkah perbaikan. (tony sairdekut)

 

 

 



Share      

Berita Terkait:

07 Juli 2020 11:38:30 / kalteng1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Workshop Probity Audit PBJ Tingkatkan Kapasitas SDM PFA
27 Juni 2020 10:55:57 / pusbin1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Uji Kompetensi Inpassing (UKI) Periode Kedua Digelar secara Online
23 Juni 2020 11:19:11 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Seminar Online BPK dan ACFE: Kepala BPKP Ingatkan Peran APIP dalam Pengendalian Fraud
23 Juni 2020 11:07:38 / babel2 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
PKP2T Tingkatkan Pengetahuan, Wawasan, dan Kompetensi Auditor
19 Juni 2020 09:49:03 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pegawai KPK Ikuti Diklat Audit Investigatif di Pusdiklatwas BPKP