Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Bincang SPIP Pemda Bantul
22 Nopember 2019 08:29:44 / diy1 / dibaca: 3668 kali / Kat: SPIP

Bantul (14/11) - Kepala Perwakilan BPKP DIY Slamet Tulus Wahyana menjadi narasumber dalam Bincang SPIP dengan tema “Akselerasi Peningkatan Maturitas SPIP untuk Mencapai TataKelola Pemerintahan yang Baik” di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul.

Peserta pada acara yang diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Bantul tersebut terdiri dari kepala badan, dinas, kantor, bagian, serta camat se-Kabupaten Bantul dan Inspektorat Kabupaten Bantul.

Bincang SPIP dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Sekda Bantul Sri Ediastuti. Dalam sambutannya, Sri menyampaikan bahwa acara tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan nilai maturitas SPIP Pemda Bantul yang masih berada di level 3 atau terdefinisi. Pemda Bantul mempunyai komitmen untuk meningkatkan kualitas SPIP mulai dari perencanaan, penggangaran, pelaksanaan dan pelaporan untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik. Ia berharap Bincang SPIP tersebut dijadikan sebagai sarana pencerahan untuk peserta dalam memahami dan melaksanakan kebijakan-kebijakan yang mendukung peningkatan maturitas penyelengaraan SPIP di Pemda Bantul.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Perwakilan BPKP DIY Slamet Tulus Wahyana dan Sekretaris Inspektorat DIY Yudi Ismono yang dimoderatori oleh Inspektur Daerah Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji. Slamet menyampaikan materi "Akselerasi Peningkatan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah untuk Mencapai Tata Kelola Pemerintahan yang Baik", mulai dari latar belakang, kewajiban melakukan pengendalian, pentingnya SPIP, maturitas SPIP, SPIP dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, permasalahan dalam implementasi SPIP, serta penguatan berkelanjutan.

Sedangkan Yudi Ismono menyampaikan materi "Menjadi Organisasi Pembelajar, Penguatan Sistem Pengendalian Intern pada OPD di Lingkungan Pemda". Ia menguraikan tentang kualitas pengendalian intern, penilaian maturitas SPIP, karakteristik tingkat maturitas SPIP, interval skor tingkat maturitas SPIP, dan upaya pembelajaran SPIP.

(Humas BPKP DIY/&ie)



Share      

Berita Terkait:

13 Juli 2020 08:46:05 / aceh1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Perkuat SPIP, Kejaksaan Tinggi Gandeng BPKP Aceh
19 Juni 2020 09:28:53 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Sinergi BKKBN dan BPKP Kaltim Terapkan SPIP Integratif
17 Juni 2020 11:15:52 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Sinergi dan Kolaborasi Bangun Prespektif yang Lebih Komperhensif
12 Juni 2020 09:11:08 / malut1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP Malut Perkuat SPIP dan Manajemen Risiko Internal
08 Juni 2020 12:43:21 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pengelolaan Risiko Kunci Pemprov. Kalbar