Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP di Provinsi Sumatera Barat
14 Nopember 2019 13:58:07 / sumbar1 / dibaca: 514 kali / Kat: APIP

Padang (12/11) - Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat kembali memfasilitasi penyelenggaraan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Acara yang diprakarsai oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat ini merupakan Batch 2 sebagai lanjutan Batch 1 yang sudah dilaksanakan pada bulan September lalu.

Acara yang diselenggarakan di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat ini dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro. Dalam sambutannya, Buyung menyampaikan perihal kunjungannya pada pencanangan penerapan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih dan Melayani (WBBM) pada dua Pemerintah Daerah. Menurutnya, penerapan Zona Integritas akan mendukung terciptanya lingkungan pengendalian yang kuat.

Di samping itu, Ia menyampaikan pentingnya penciptaan lingkungan pengendalian yang kuat di mana APIP selaku aparat pengawasan perlu meningkatkan kompetensi untuk dapat melaksanakan tugas audit yang semakin berat, termasuk kompetensi dalam audit investigatif. Jika pada Batch 1 para peserta telah dibekali dengan kemampuan melakukan audit investigatif sebagai respons permintaan APH kepada APIP Daerah terkait pengaduan korupsi, maka pada Batch 2 ini peserta akan dibekali secara lebih mendalam mengenai metodologi Audit Investigatif, khususnya terkait Perhitungan Kerugian Keuangan Negara seperti pada kegiatan Pengadaan Barang/Jasa.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Pengantar Pengadaan Barang/Jasa. Selanjutnya, materi Pelaksanaan Audit Pengadaan Barang/Jasa, Modus Operandi Penyimpangan Pengadaan Barang/Jasa, dan Pelaksanaan Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara atas Pengadaan Barang/Jasa dengan disertai studi kasus disampaikan secara lebih mendalam. Dengan kegiatan ini, diharapkan kompetensi auditor pada inspektorat semakin meningkat sehingga mampu untuk melakukan Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara khususnya pada Pengadaan Barang/Jasa

Acara berlangsung selama 3 hari dimulai pada tanggal 12-14 November 2019 dengan peserta sebanyak 64 orang, yang terdiri dari para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di daerah pada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Jambi. 

(Humas BPKP Sumbar)



Share      

Berita Terkait:

10 Nopember 2019 07:42:30 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Literasi Akuntansi dan Digital Kunci Sukses Pejuang Keuangan Daerah
06 Nopember 2019 11:02:56 / ntt1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Kiprah APIP dalam Pencegahan Korupsi
25 September 2019 09:36:17 / malut1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Pengurus DPW AAIPI Malut Resmi Dikukuhkan
12 September 2019 16:18:09 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Inspektorat Kabupaten Penajam Paser Utara Raih Kapabilitas APIP Level 3
19 Agustus 2019 09:18:39 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Strategi Peningkatan PAD & Kapabilitas APIP Kota Payakumbuh