Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Perkuat APIP Untuk Pemberantasan Korupsi
08 Nopember 2019 19:43:13 / kalteng1 / dibaca: 338 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Palangkaraya (7/11) - “Pemberantasan korupsi saat ini lebih mengutamakan pencegahan daripada penindakan.” Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam sambutannya pada Forum Diskusi Bersama Aparat Penegak Hukum tentang Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Daerah Kalimantan Tengah di Gedung Graha Bhayangkara Polda Kalimantan Tengah.
 
 
Selain Wakil Ketua KPK, turut hadir dan memberi sambutan Wakil Kejati Kalteng Marang, Wakapolda Kalteng, Brigjen. Pol. Rikwanto, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah Setia Pria Husada.
 
Basaria secara langsung memberi arahan dalam acara yang bertajuk "Penguatan peran APIP dalam pencegahan korupsi". Ia mengatakan pemberantasan korupsi saat ini lebih mengutamakan pencegahan daripada penindakan sehingga peran serta APIP sebagai pengawas internal menjadi sangat penting. "Di samping itu, perlu adanya sinergi antara APIP dengan APH," tambahnya. 

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah. Dalam PP tersebut diatur tentang penguatan independensi APIP dalam mengawasi perangkat daerah. Terdapat enam poin yang dituangkan dalam PP tersebut terkait penguatan independensi APIP, yaitu (1) Penambahan fungsi Inspektorat Daerah untuk mencegah korupsi dan pengawasan Reformasi Birokrasi; (2) Penambahan kewenangan bagi APIP dapat melakukan pengawasan berindikasi kerugian daerah tanpa harus menunggu persetujuan Kepala Daerah; (3) Pola pelaporan disampaikan berjenjang; (4) Penambahan satu eselon III untuk investigatif; (5) Pelaksanaan supervisi hasil pengawasan Inspektorat Daerah oleh Mendagri bekerja sama dengan BPKP; dan (6) Pengangkatan dan mutasi Inspektur Daerah termasuk pembentukan Pansel dilakukan setelah konsultasi dengan Kemendagri. Dengan adanya sinergi antara APIP dan APH, serta penguatan independensi APIP dalam pemberantasan Korupsi, diharapkan mampu menekan angka korupsi mulai dari pencegahan sampai dengan penindakan.

 
 


Share      

Berita Terkait:

06 Nopember 2019 10:30:23 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Bersama KPK, BPKP Pertajam dan Perkuat Kapabilitas APIP di Provinsi Malut
31 Oktober 2019 15:44:54 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Korsupgah Peningkatan Kapabilitas APIP Pemerintah Daerah di Provinsi Bali
24 Oktober 2019 15:27:13 / ntb1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
BPKP NTB Bersinergi Memberantas Korupsi melalui MPAK
24 Oktober 2019 14:11:46 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Cegah Korupsi Bersama Para Kepala SMP Negeri se-Kota Semarang
27 Agustus 2019 11:27:53 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Menjadi Mahasiswa Berkarakter Antikorupsi