Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Komitmen Kawal PBJ, PIP Semarang Selenggarakan Diklat Probity Audit
06 Nopember 2019 11:27:33 / jateng1 / dibaca: 3024 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Semarang (4/11)  Diklat Probity Audit Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) bagi Pegawai di Lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dilaksanakan di Ruang Prambanan Hotel Santika Semarang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Korwas JFA Bidang P3A Teguh Harjanto mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

Diklat Probity Audit dilaksanakan selama lima hari tanggal 4-8 November 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang. Hadir dalam acara tersebut, Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Teguh Harjanto, Wakil Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Suherman, Kasubbag Administrasi Ketarunaan dan Alumni Budi Joko Raharjo, Ketua Penyelenggara Diklat, serta narasumber dari Deputi Bidang Pengawasan Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP dan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

Teguh sangat mengapresiasi PIP Semarang yang secara mandiri telah melaksanakan kegiatan. Diklat ini merupakan upaya pencegahan fraud yang diharapkan bisa memberi nilai tambah bagi pengawalan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di PIP Semarang sehingga dari awal perencanaan hingga akhir terlaksana dengan ekonomis, efisien, dan efektif. Ia pun menambahkan gambaran peran auditor internal yang efektif sesuai PP No. 60 Tahun 2018 tentang SPIP, yaitu memberikan keyakinan memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan instansi pemerintah, memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko instansi pemerintah, memberikan masukan yang dapat memelihara, dan meningkatkan kualitas tata kelola instansi pemerintah.

Suherman selaku Wakil Direktur PIP menyatakan bahwa Diklat Probity Audit PBJ ini merupakan hal baru di lingkungan PIP sehingga memerlukan perhatian lebih supaya para peserta dapat menyerap ilmu dengan baik. Harapannya, setelah mendapatkan ilmu, pengawalan terhadap PBJ harus sesuai ketentuan yang ada serta berdasarkan konsep kejujuran dan integritas sehingga segala bentuk penyimpangan dapat dihindari.

(Tim Humas BPKP Jateng Din)

 



Share      

Berita Terkait:

18 Maret 2020 11:03:59 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Audit Investigatif dan PBJ bagi Inspektorat Kota Palembang
16 Maret 2020 09:51:30 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Larwasda Tahun 2020 Dorong Optimalisasi Peran APIP
16 Maret 2020 09:05:13 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Bina Kapabilitas APIP Kab. Halmahera Selatan
13 Maret 2020 15:27:11 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Rakerwasda 2020 Riau, Ancang-Ancang Pilkada dan Penanggulangan Karhutla
12 Maret 2020 10:59:45 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembinaan APIP Inspektorat Wilayah Sulsel