Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Forum Koordinasi BPKP, BPK, dan DJPb Provinsi Maluku Utara
28 Oktober 2019 08:24:03 / malut1 / dibaca: 2151 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Ternate (24/10) - Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Maluku Utara mengundang Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara dan Perwakilan BPK Provinsi Maluku Utara dalam rangka pengelolaan keuangan daerah di wilayah Provinsi Maluku Utara. Dalam pertemuan tersebut, hadir Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara yang didampingi oleh Kepala Bidang PAPK, sedangkan dari pihak BPKP, hadir Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara yang didampingi oleh Korwas Bidang P3A dan Koorwas Bidang APD. Pihak BPK dihadiri Kepala Bidang Hukum dan Kepala Bidang Humas.

Kepala Kanwil DJPb menyampaikan latar belakang diadakannya forum koordinasi, mulai dari permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan keuangan daerah hingga upaya-upaya yang harus dilakukan. Permasalahan yang dihadapi antara lain data yang tidak sinkron antara aplikasi yang dikelola oleh pihak DJPb dengan pihak Pemerintah Daerah, penurunan realisasi LRA periode sebelumnya dengan realisasi periode laporan, akun tidak normal yang disajikan  oleh Pemerintah Daerah, dan LRA yang tidak sama antar instansi.

Kepala Kanwil DJPb mengharapkan perlu peningkatan koordinasi antara Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, dan Perwakilan BPK Provinsi Maluku Utara. Di samping itu, perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas laporan keuangan konsolidasi yang disusun oleh Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara, dan mengawal sekaligus memberikan masukan bagi pengelolaan keuangan daerah di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Hal tersebut disambut baik oleh Kepala Perwakilan BPKP dan Kepala Bidang Hukum Perwakilan BPK, dan sepakat untuk melakukan koordinasi dalam rangka pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik. Selanjutnya, Kepala Kanwil DJPb menyampaikan rencana pembuatan MoU demi kelancaran koordinasi tersebut dan merencanakan kegiatan bersama pada Pemerintah Daerah di masa yang akan datang.

(Humas Malut/Idham)



Share      

Berita Terkait:

24 Januari 2020 12:24:30 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Perkuat Tata Kelola, BPD Jateng Gandeng BPKP
24 Januari 2020 09:03:04 / malut1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
SP2D Online: Akuntabilitas, Efisiensi, dan Kecepatan Bertransaksi
14 Januari 2020 21:03:06 / adminkita / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
KPK Gandeng BPKP Kuatkan Pemberantasan Korupsi
09 Januari 2020 09:19:11 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP Bengkulu Terima Audiensi Pengurus IAI Bengkulu
23 Desember 2019 10:02:13 / cpns / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Sinergi BPKP Dalam Mencapai Visi Pembangunan Presiden 2020-2024