MPAK, Upaya Intensif dan Ekstensif Pencegahan Korupsi

Padang (15/10) - Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Sosialiasi dan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi (MPAK) Program Pembangunan Bidang Pendidikan di Provinsi Sumatera Barat. Acara ini diselenggarakan di Aula Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 15 Oktober 2019. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 40 orang, berasal dari 5 OPD di lingkungan Provinsi Sumatera Barat, yaitu Dinas Kebudayaan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Inspektorat, dan BPSDM.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Gemala Ranti menyampaikan rasa gembira sebagai tuan rumah kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap tindakan korupsi. Selain itu, ia juga menginginkan agar para peserta menjadi pelopor gerakan antikorupsi.

Adapun Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro dalam sambutannya menyampaikan latar belakang pelaksanaan kegiatan ini, yaitu amanat dari Presiden RI kepada BPKP untuk lebih intensif dan ekstensif dalam pencegahan korupsi. Tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk membangun kepedulian agar para peserta belajar dapat berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia dan untuk mengembangkan budaya organisasi antikorupsi.

Selanjutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang korupsi yang disampaikan oleh Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Kasmual yang dilanjutkan dengan kegiatan FGD dengan tema "Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi (MPAK) Program Pembangunan Bidang Pendidikan di Provinsi Sumatera Barat".

Terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas Pemerintah Daerah dalam mencegah korupsi.

Humas BPKP Sumbar