Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP NTB Siap Kawal Akuntabilitas Pembangunan Pasar Renteng Praya
07 Oktober 2019 09:26:58 / ntb1 / dibaca: 4596 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Praya (1/10) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTB Agus Puruhitaarga Purnomo Widodo didampingi Koordinator Pengawasan Bidang IPP Bagus Putu Santika bersama dengan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTB Ika Sri Rejeki berkunjung ke Kantor Bupati Lombok Tengah. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka koordinasi persiapan pembangunan Pasar Renteng Praya yang dibiayai APBN dan akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.

Tim yang berkunjung disambut oleh Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, Asisten III Bupati Lombok Tengah, Kadis Perkim Lombok Tengah, dan Kadisperindag Lombok Tengah. Pembangunan Pasar Renteng Praya di Kabupaten Lombok Tengah yang rusak akibat terlanda gempa dan terbakar beberapa bulan lalu, akan dikerjakan secara multiyears tahun 2019-2020. Proses tender proyek Pasar Renteng Praya senilai Rp145 miliar dari APBN Kementerian PUPR itu sedang dalam proses lelang dan ditargetkan akan tuntas pada bulan November 2019 mendatang. Pasar Renteng Praya akan dibangun dengan konsep modern menggunakan Building Information Model (BIM) dan konsep bangunan gedung hijau yang akan tersistemasi sampai ke pemeliharaan dan ramah lingkungan.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTB Ika Sri Rejeki menyampaikan permohonan dukungan Pemerintah Daerah Lombok Tengah, antara lain terkait status clean and clear lahan pasar, perizinan IMB dan amdal, relokasi pedagang pasar, dan pengendalian ormas, serta LSM selama proses pembangunan. Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengatakan bahwa kami bersyukur akan dibangunnya Pasar Renteng Praya dan kami siap mendukung pihak Kementerian PUPR. “Pemda Lombok Tengah akan mengadakan rapat koordinasi membahas persiapan pembangunan Pasar Renteng Praya bersama kepala dinas dan instansi terkait, asosiasi pedagang, LSM, dan masyarakat. Proses persiapan tidak boleh molor dan berbelit-belit, oleh karena itu akan dibuatkan schedule-nya,” ujarnya menambahkan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTB Agus Puruhitaarga Purnomo Widodo menyampaikan bahwa Perwakilan BPKP Provinsi NTB siap mengawal dan mendampingi akuntabilitas dari pelaksanaan pembangunan Pasar Renteng Praya. Pendampingan oleh BPKP bertujuan agar pengelolaan administrasi keuangan dalam pembangunan Pasar Renteng Praya berakuntabel secara memadai. Oleh karena itu, diharapkan adanya komitmen yang baik dari seluruh pihak agar pelaksanaan pembangunan Pasar Renteng Praya berjalan akuntabel, efektif, dan efisien.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pembangunan pasar yang terletak di Kelurahan Renteng Kecamatan Praya. Tim PUPR dan Perwakilan BPKP Provinsi NTB didampingi Kadisperindag Lombok Tengah Saman, berkeliling di lokasi pedagang yang sementara menempati lokasi pengganti yang bersebelahan dengan lokasi Pasar Renteng Praya yang telah rusak akibat terlanda gempa dan terbakar. “Kondisi pasar memang perlu dibangun kembali, diharapkan pasar yang baru dapat menampung seluruh pedagang yang ada dengan situasi yang lebih nyaman dan bersih,” ungkap Saman.

(Tim Humas BPKP NTB- KLH/ZPC)



Share      

Berita Terkait:

03 Juni 2020 12:37:03 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
PT. IKI Minta Rekomendasi BPKP Soal Kapal Mina Jaya
29 Mei 2020 18:18:48 / aceh1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Wabup Pidie Jaya Minta BPKP Tertibkan Aset Daerah
29 Mei 2020 17:59:32 / aceh1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Aceh Diskusikan Permasalahan Tata Kelola dengan Pemkot Aceh
28 Mei 2020 14:22:57 / sumut1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Sumut Pantau Penyaluran BLT DD Kab. Langkat
28 Mei 2020 11:31:42 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Gubernur Jateng Minta BPKP Kawal Tata Kelola Penanganan COVID-19