Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Undang BPKP, KPK Selenggarakan Workshop Kapabilitas APIP
04 Oktober 2019 10:10:58 / sulsel1 / dibaca: 2202 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Makassar (30/9) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap menghadiri Undangan Pembukaan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP se-Provinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan di Kampus I BPSDM Prov. Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Setda Provinsi Sulawesi Selatan, dan BPSDM Sulawesi Selatan ini berlangsung selama empat hari sejak tanggal 30 September sampai dengan 3 Oktober 2019 dan diikuti 50 orang peserta dari inspektorat kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan Salim Abdul Rahim yang mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan Direktur Pendaftaran, Pelaporan, dan Pemeriksaan LHKPN KPK RI Isnaini, serta Kepala BPSDM Sulawesi Selatan.

Workshop ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapabilitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP) di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota sebagai bagian dari pelaksanaan rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Arman menyatakan bahwa APIP yang merupakan bagian dari manajemen mempunyai tugas melakukan pengawasan yang independen guna memberikan nilai tambah dalam pencapaian tujuan organisasi. “Tugas APIP sekarang ini tidak lagi bersifat watchdog, tetapi sebagai katalis sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi manajemen dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, peran APIP tersebut seyogianya pada level pencegahan,” ujar Arman.

Dilanjutkan Arman bahwa upaya pencegahan yang dilakukan APIP salah satunya dengan melakukan peningkatan maturitas SPIP. “Dengan SPIP yang kuat, maka dapat menjadi alat deteksi dini. Apabila ada hal-hal yang bersifat penyimpangan, maka sistem akan bisa mendeteksi sejak dini untuk segera dilakukan tindakan korektif sebelum ditemukan kerugian yang bersifat masif,” lanjutnya.

Pada pelaksanaan workshop kapabilitas APIP kali ini akan membahas tiga materi yang terkait dengan hukum tindak pidana korupsi, audit investigatif, dan manajemen penanganan pengaduan masyarakat. (ipL)



Share      

Berita Terkait:

14 Mei 2020 10:05:01 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Maluku Pastikan Sinkronisasi Data Bansos Tepat Waktu
14 Mei 2020 08:38:37 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Progres Positif Pengawasan BPKP dan Inspektorat Maluku
13 Mei 2020 10:09:11 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Rembuk BPKP dan Gugus Tugas COVID-19 Soal Bansos
09 Mei 2020 21:45:22 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Sultra Pantau Posko Terpadu Gugus Tugas COVID-19
26 Maret 2020 07:35:00 / kaltaranews / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kaltara Capai Level 3 APIP dan SPIP