Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP DIY Kembali Raih Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik
03 Oktober 2019 09:43:19 / diy1 / dibaca: 85 kali / Kat: PPID

Yogyakarta (28/9) - Perwakilan BPKP DIY kembali meraih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Kategori Instansi Vertikal dalam ajang Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Se-Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019 yang digelar oleh Komisi Informasi Daerah D.I. Yogyakarta di Hotel Tara Yogyakarta. Predikat ini telah diperoleh Perwakilan BPKP DIY selama empat tahun berturut-turut, yaitu tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019. Acara dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X dan Wakil Ketua Umum Komisi Informasi Pusat Hendra J Kede.

Ketua Komisi Informasi DIY Hazwan Iskandar Jaya selaku Ketua Penyelenggara Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik DIY Tahun 2019 mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik pihaknya menggandeng Universitas Gadjah Mada, Universitas Aisiyah (Unisa) dan Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP). Kerja sama tersebut dimulai sejak penentuan instrumen dan bobot penilaian hingga pelaksanaan penilaian yang dilakukan dengan melalui sejumlah tahapan untuk menentukan nominator hingga pemenang terbaik. Tahapan penilaian meliputi penyebaran kuesioner, pencermatan website badan publik, uji akses oleh para mahasiswa Unisa, visitasi, dan presentasi oleh badan publik di hadapan tim penilai.

Sri Paduka Paku Alam X dalam sambutannya mewakili Gubernur DIY  Sri Sultan BH X berharap,  keterbukaan informasi di masyarakat dapat semakin meningkatkan pemahaman, kepedulian sekaligus mendorong komitmen pemerintah guna mendukung terwujudnya pemerintahan yang terbuka dan masyarakat yang partisipatif. Beliau berharap penganugerahan ini menjadi pemacu dan pemicu dalam keterbukaan informasi publik.

Kategori Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019 terdiri dari delapan kategori, yaitu Kategori Apresiasi Khusus, Kategori OPD Pemda DIY, Kategori Lembaga Vertikal Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Kategori Lembaga Yudikatif Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Kategori Lembaga Legislatif Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Kategori OPD Pemkab/Pemkot Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Kategori Kecamatan Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kategori BUMD Se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Instansi peraih penghargaan Kategori Apresiasi Khusus adalah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo. Kategori OPD Pemda DIY diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY sebagai terbaik 1, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY di peringkat 2, dan Badan Kepegawaian Daerah DIY menempati peringkat 3.

Kategori Lembaga Vertikal Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, terbaik 1 diraih Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY, terbaik 2 diraih Balai Besar Kulit, Karet (BBKKP) Provinsi DIY dan terbaik 3 diraih oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DIY.

Kategori Kategori Lembaga Yudikatif Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, terbaik 1 diraih  oleh Pengadilan Agama Kota Yogyakarta, terbaik 2 diraih oleh Pengadilan Agama Wates, terbaik 3 diraih oleh Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta.

Kategori Lembaga Legeslatif Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, terbaik 1 ditempati oleh DPRD Kabupaten Sleman, terbaik 2  DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, dan terbaik 3  DPRD Kabupaten Bantul.

Kategori OPD Pemkab/Pemkot Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, terbaik 1 diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, terbaik 2 diraih oleh  Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatijan Kabupaten Sleman, terbaik 3 diraih oleh  Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, terbaik 4 diraih oleh  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kulon Progo, dan terbaik 5 diraih oleh  Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman.

Kategori Kecamatan Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, terbaik 1 diraih oleh Kecamatan Depok, terbaik 2 diraih oleh Kecamatan Nanggulan, dan terbaik 3 diraih oleh Kecamatan Pengasih.

Kategori BUMD Se-Daerah Istimewa Yogyakarta, terbaik 1 diraih oleh PD BPR Bank Sleman, terbaik 2 diraih oleh PD BPR Kabupaten Kulon Progo, dan terbaik 3 diraih oleh PD BPR Bank Daerah Kabupaten Gunungkidul.

(Humas BPKP DIY/ros)



Share      

Berita Terkait:

02 Oktober 2018 08:33:50 / diy1 / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP DIY Kembali Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik DIY Tahun 2018
27 Oktober 2017 08:42:48 / diy1 / dibaca: kali / Kat: PPID
Tingkatkan Layanan Keterbukaan Informasi Badan Publik
25 September 2017 15:17:31 / suryo / dibaca: kali / Kat: PPID
Penguatan PPID dalam Pengelolaan Informasi Publik
14 September 2017 16:22:30 / diy1 / dibaca: kali / Kat: PPID
Visitasi Tim Komisi Informasi DIY ke Perwakilan BPKP DIY
31 Agustus 2017 15:58:08 / diy1 / dibaca: kali / Kat: PPID
Sinergikan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik BPKP