Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Implementasi Siskeudes di Kabupaten Cianjur
02 Oktober 2019 11:10:21 / jabar1 / dibaca: 337 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Cianjur (25/9) - Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur menyelenggarakan kegiatan pembukaan Workshop Implementasi Aplikasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur. Kegiatan dilaksanakan di Aula As-Sakinah Kabupaten Cianjur dan dihadiri oleh PltBupati Cianjur yang diwakili Asisten Daerah III Bidang Administrasi Budhi Rahayu ToyibKepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana, Korwas APD II Agus Saragih, Perwakilan BPK RI Agung KurniawanKasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejaksaan Negeri Cianjur Ema Siti Huzaemah Ahmad, para camat, dan kepala desa se-Kabupaten Cianjur.

 

Kepala Bagian Tata Usaha Doso Sukendro selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu workshop dan bimbingan teknis. Workshop dengan format diskusi panel dilaksanakan tanggal 25 September 2019 di Gedung As-Sakinah dan dihadiri oleh camat dan kepala desa se-Kabupaten Cianjur, sedangkan bimbingan teknis dilaksanakan tanggal 25-28 September 2019 diikuti oleh para operator desa dan Satgas Kecamatan di Aula DPMD Kabupaten Cianjur.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana menyampaikan bahwa dalam yang sesungguhnya dihadapi dalam mengelola keuangan desa di mana jumlahnya semakin meningkat adalah risiko. "Dalam manajemen risiko, ada pemilik risiko mulai dari bupati sampai dengan kepala desa, ada pengelola risiko yaitu perangkat di bawahnya, dan ada pengawas risiko, yaitu pemeriksa. Pemilik risiko dalam merealisasikan dan mengelola Dana Desa harus dibantu oleh pihak yang bisa mengelola dan memastikan adanya ketaatan," jelasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, pihak BPKP terus mendorong peningkatan kompetensi SDM di setiap desa agar pelaksanaan pengelolaan Dana Desa benar-benar dikelola oleh orang yang kompeten dan sebagai suatu sistem yang bisa mengantisipasi atau alat kendali terhadap risiko. Lebih lanjut, Mulyana mengemukakan bahwa aplikasi Siskeudes harus dikelola dengan baik sehingga manfaat aplikasi ini bisa benar-benar membantu pemilik risiko dalam mewujudkan pengelolaan Dana Desa yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan kegiatan, penatausahaan keuangan, penyusunan laporan, hingga pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa. 

"Jika semua desa sudah menggunakan aplikasi Siskeudes, maka nantinya dapat membuat laporan keuangan konsolidasian desa dan laporan keuangan pemerintah daerah yang lebih komprehensif," lanjutnya. Di akhir sambutan, Mulyana mengajak seluruh peserta untuk bertekad menerapkan mental antikorupsi dari tingkat desa dan hingga ke tingkat yang lebih tinggi agar Indonesia terbebas dari korupsi.

Di samping itu, Plt. Bupati Cianjur dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Daerah III Bidang Administrasi Budhi Rahayu Toyib mengucapkan terima kasih kepada BPKP yang telah berkenan membina aparat desa di Kabupaten Cianjur. Terkait implementasi Siskeudes di Kabupaten Cianjur, Budhi mendukung penuh kegiatan tersebut dan memiliki harapan terwujudnya tata kelola keuangan desa yang tertib, akuntabel dan transparan. Dengan begitu, tentunya pemerintah desa dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori oleh Inspektur Pembantu Wilayah III Agus Abdul Wahid dan narasumber dari Perwakilan BPK RI Agung Kurniawan. Materi yang disampaikan di antaranya terkait pengelolaan Dana Desa dari perspektif pemeriksaan. Adapun Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejaksaan Negeri Cianjur Ema Siti Huzaemah Ahmad menyampaikan materi "Pengembalian Barang Bukti Perkara yang Telah Memperoleh Kekuatan Hukum pada Kejaksaan Negeri Cianjur" dan Korwas APD II Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Agus Saragih dengan materi "Pengelolaan Dana Desa dengan Aplikasi Siskeudes".

(humas Jabar DK/DY/SR).



Share      

Berita Terkait:

21 Oktober 2019 16:33:35 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Perkuat Seni Komunikasi Auditor Internal di Forum Pimpinan BPKP
18 Oktober 2019 15:35:51 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop EKPPD 2019 Kota Yogyakarta
18 Oktober 2019 14:18:31 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Meningkatkan Kinerja Auditor Internal melalui Semangat Inovatif dan Budaya Berbagi Pengetahuan
17 Oktober 2019 11:48:27 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Wujudkan Komitmen Peningkatan Pelayanan Publik Pemprov. Kepri
17 Oktober 2019 09:35:35 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
PDAM Kota Bengkulu Bersama BPKP Tingkatkan Kapabilitas SPI