Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pengembangan Manajemen Pemda pada Pemkab Bandung
18 September 2019 10:17:56 / jabar1 / dibaca: 822 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Soreang (17/9) - Di Degung Ballroom Hotel Grand Sunshine Resort and Convention telah berlangsung penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pengembangan Manajemen Pemerintah Daerah yang ditandatangani oleh Bupati Bandung dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat. Adapun Nota Kesepahaman Pengembangan dan Penggunaan Aplikasi Simda Keuangan dalam Rangka Pencairan Dana (SP2D) Online di lingkungan Pemkab Bandung ditandatangani oleh Bupati Bandung Dadang M. Naser, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana, serta Direktur Konsumer dan Ritel PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Suartini.

Mulyana menjelaskan bahwa SP2D Online merupakan salah satu inovasi pengendalian yang semakin memperkuat pelaksanaan tata kelola keuangan daerah. Di samping itu, disampaikan pula raihan pelaksanaan tata kelola Pemda dan pencapaian prestasi Pemkab. Bandung, antara lain capaian maturitas SPIP level 3. Pemkab Bandung sudah mengimplementasikan Simda Keuangan, sehingga saat ini tinggal mengintegrasikannya dengan Simda SAKIP. Adapun manfaat Simda SAKIP adalah mempermudah perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan kinerja. Di akhir sambutannya, Mulyana mengingatkan kepada seluruh Kepala OPD agar dapat mengimplementasikan SP2D Online untuk mempercepat mekanisme pencairan dana secara mudah sehingga dapat memperlancar proses pembangunan yang bermuara pada kemakmuran masyarakat Kabupaten Bandung.

Direktur PT. Bank Pembangunan Jawa Barat & Banten mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dibangunnya aplikasi yang inovatif kepada BPKP dan dukungan Pemkab Bandung. Ia ingin agar kerja sama yang baik ini dapat terus berlanjut.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M Naser berpesan agar aplikasi tersebut dijaga dari intervensi masuknya kegiatan-kegiatan yang muncul tanpa melalui tahapan proses perencanaan awal. Ia sangat mengapresiasi kerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat dan berharap jalinan kerja sama tersebut dapat terus berlangsung dengan baik agar tujuan tata kelola Pemda dapat berjalan dengan baik sehingga cita-cita masyarakat yang sejahtera dapat terwujud.

(humas jabar/DY/SR)



Share      

Berita Terkait:

06 Nopember 2019 10:11:23 / ntt1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Sharing Session BLUD untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik
01 Nopember 2019 16:09:01 / diy1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP DIY Menerima Audiensi DPP ASPEG Indonesia
28 Oktober 2019 08:24:03 / malut1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Forum Koordinasi BPKP, BPK, dan DJPb Provinsi Maluku Utara
24 Oktober 2019 15:10:49 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP dan BPK Sumbar Perkuat Koordinasi Pencegahan Korupsi
19 Agustus 2019 08:21:17 / malut1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
MoU Transaksi Non Tunai antara BPKP dan PemKab Sula