Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kompetensi APIP, Sebuah Prioritas dalam Proses Pengawasan
18 September 2019 09:42:17 / bengkulu1 / dibaca: 1744 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Bengkulu (16/9) - Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data dan Gelar Pengawasan Tahun 2019 di Gedung Pola Kantor Gubernur Bengkulu. Acara ini dibuka secara resmi oleh Plh.Sekertaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Gumbira Budi Purnama, Asisten II dan Asisten III Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, dan Inspektur Provinsi Bengkulu. Pembukaan ini juga dihadiri oleh seluruh Korwas Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, para inspektur kabupaten/kota di wilayah Provinsi Bengkulu, para Sekretaris OPD dan staf dari inspektorat dan OPD kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan tersebut, Hamka Sabri menyampaikan pentingnya acara ini. Menurutnya, acara ini diharapkan dapat mendorong pengembangan tata kelola dan peningkatan kapabilitas SDM APIP. Selain itu, APIP juga harus mengoptimalkan peranannya sebagai pengendali memberikan upaya pencegahan dini terhadap penyimpangan keuangan daerah. "Saya berharap aparat pengawas intern pemerintah dapat menjalankan amanat sesuai ketentuan dan komitmen dalam pelaksanaannya," ujar Hamka.

Gumbira, sebagai narasumber, menyampaikan materi terkait Peningkatan Kapabilitas APIP melalui upaya Peningkatan Kompetensi SDM APIP. “Perlu ada kesadaran bagi APIP-nya sendiri untuk meningkatkan kapabilitasnya,” lanjut Gumbira. Untuk mencapai Kapabilitas APIP level 3, di antaranya pada elemen pengelolaan SDM, dibutuhkan pegawai yang berkualifikasi profesional, serta membangun tim dan kompetensinya. Peningkatan SDM yang bukan hanya sekedar kuantitas, melainkan dari segi kualitas. Pemerintah daerah harus mendorong SDM APIP-nya untuk diikutkan dalam berbagai kegiatan pengembangan kompetensi, seperti diklat, workshopsharing session, termasuk sertifikasi sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu sedang membangun library cafe yang dapat digunakan sebagai sarana meeting point para APIP dan melaksanakan sharing session atau konsultasi dengan BPKP sebagai instansi pembina APIP. Gumbira juga menyampaikan mimpi dibangunnya Pusdiklatwas BPKP yang modern, lengkap, dan megah di Bengkulu. Selain dalam rangka percepatan penyelenggaraan diklat-diklat untuk APIP dan stakeholders lainnya di wilayah Bengkulu, juga dapat memberikan multiplier effect terhadap perekonomian di Provinsi Bengkulu.



Share      

Berita Terkait:

14 Mei 2020 10:05:01 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Maluku Pastikan Sinkronisasi Data Bansos Tepat Waktu
14 Mei 2020 08:38:37 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Progres Positif Pengawasan BPKP dan Inspektorat Maluku
13 Mei 2020 10:09:11 / maluku1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Rembuk BPKP dan Gugus Tugas COVID-19 Soal Bansos
09 Mei 2020 21:45:22 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Sultra Pantau Posko Terpadu Gugus Tugas COVID-19
26 Maret 2020 07:35:00 / kaltaranews / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kaltara Capai Level 3 APIP dan SPIP