Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pemda Kulon Progo Siap Tingkatkan Maturitas SPIP
16 September 2019 10:38:33 / diy1 / dibaca: 640 kali / Kat: SPIP

Kulon Progo (13/9) - Pengendalian intern harus menjadi dasar dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan. Demikian isi sambutan singkat Wakil Bupati Kulon Progo Sutedja dalam pembukaan rapat pimpinan dalam rangka evaluasi mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan menggunakan aplikasi e-SPIP di Ruang Sermo Komplek Pemkab. Kulon Progo. Rapat yang dimoderatori oleh Inspektur Riyadi Sunarto juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Astungkara dan 41 pimpinan OPD dengan narasumber Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Perwakilan BPKP D.I Yogyakarta Udoyo Hari Wirawan beserta tim.

Udoyo menjelaskan bahwa SPIP bukanlah hal asing bagi para Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan roda pemerintahan, karena setiap hari infrastruktur pengendalian intern seperti kebijakan, aturan, dan SOP telah digunakan. Kelemahan yang mungkin timbul adalah pada pendokumentasian proses pengendalian, mulai dari sosalisasi kebijakan, pelaksanaan kebijakan, sampai evaluasi efektivitas kebijakan tersebut.

Nilai maturitas SPIP 3,2 (terdefinisi) yang dicapai Pemkab. Kulon Progo pada tahun 2016 menjadi bukti bahwa ASN Pemkab. Kulon Progo cukup matang dalam menerapkan pengendalian intern sebagai dasar pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Namun, maturitas tersebut perlu dinilai kembali pada tahun 2019.


Selanjutnya, disampaikan materi oleh Achmad Saeffudin dari BPKP dan Panggih dari Inspektorat Kulon Progo selaku asesor penilaian mandiri maturitas SPIP terkait penggunaan aplikasi e-SPIP dalam melakukan survey awal responden. Aplikasi tersebut berguna untuk mempercepat proses penilaian mandiri yang sebelumnya dilakukan secara manual. Walaupun penilaian dilakukan secara elektronik tanpa melakukan unggah bukti, namun pengisian kuisioner pada aplikasi harus disesuaikan dengan kondisi yang ada mengingat penilaian akhir maturitas mengharuskan adanya pembuktian dokumen pendukung. Untuk itu, kerja sama yang baik antara asesor dan responden sangat diperlukan untuk mempercepat proses penilaian dan hasil penilaian yang maksimal.


Sebelum acara ditutup, Bambang Sutrisno selaku Sekretaris Inspektorat menampilkan jadwal dan teknis kegiatan penilaian mandiri SPIP yang harus ditaati responden, counterpart, dan asesor. Selanjutnya, rapat pimpinan ditutup dengan closing statement dari Sekretaris Daerah bahwa pimpinan akan terus berkomitmen mengawal pelaksanaan sistem pengendalian intern secara konsisten untuk mewujudkan good and clean governance di Kabupaten Kulon Progo.
(Humas BPKP DIY/Ary)



Share      

Berita Terkait:

14 Oktober 2019 10:10:46 / ntt1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP NTT Hadiri Rakerda PDAM/Perumda Air se-Provinsi NTT
14 Oktober 2019 08:40:50 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Membangun FEWS bersama Pemkab Natuna
01 Oktober 2019 12:11:12 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Percepat SPIP Level 3, BPKP Bengkulu Undang Sekda dan Inspektur Ikuti Workshop
25 September 2019 09:42:35 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP DIY Lakukan FRA Reforma Agraria pada Kantor Wilayah BPN DIY
25 September 2019 09:19:26 / jabar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Tiga Langkah Pemkab Hadapi Tantangan Zaman