Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Diklat Pembentukan Auditor di Inspektorat Se-Malut
10 September 2019 08:21:11 / malut1 / dibaca: 893 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Ternate (9/9) - Sebanyak dua puluh peserta mengikuti pembukaan Diklat Pembentukan Auditor Ahli Pola PNBP bagi PNS di Lingkungan Inspektorat Se-Provinsi Maluku Utara (Malut) yang diselenggarakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara di Aula Lantai 3 Hotel Emerald Ternate. Peserta diklat berasal dari Inspektorat Kabupaten Halmahera Utara, Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat, Inspektorat Kabupaten Pulau Morotai, Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sula, dan Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu.

Acara pembukaan diklat dihadiri oleh Korwas Bidang AN Djoko Wahyono selaku Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Kepala Bagian Tata Usaha Dedy Tri Haryanto sebagai Ketua Panitia Diklat, Korwas Bidang IPP sekaligus Plh. Korwas Bidang P3A Nugroho Sri Danardono, serta Korwas Bidang Investigasi Ramli.

Ketua Panitia Diklat, Dedy Tri Harianto mengawali kegiatan dengan menyampaikan laporan kegiatan Diklat Pembentukan Auditor Ahli Pola PNBP bagi PNS di Lingkungan Inspektorat Se-Provinsi Maluku Utara. Secara umum, diklat tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan standar kompetensi jabatan dan pengembangan karir, dan secara khusus untuk meningkatkan keterampilan, dan perubahan sikap/perilaku auditor pada tingkat kompetensi tertentu sesuai dengan perannya. 

Biaya pelaksanaan kegiatan diklat ini berasal dari DIPA Pusdiklatwas BPKP Tahun 2019 melalui mekanisme pola PNBP. Diklat direncanakan berlangsung selama sembilan belas hari (19) mulai tanggal 9 s/d  30 September 2019.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara yang diwakili oleh Korwas Bidang AN Djoko Wahyono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kompetensi adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seseorang, berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas dan jabatannya. Auditor intern pemerintah wajib menerapkan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan, serta pengalaman yang diperlukan dalam pelaksanaan layanan pengawasan intern. Auditor terus menerus meningkatkan keahlian serta efektivitas dan kualitas pelaksanaan tugasnya, baik yang diperoleh dari pendidikan formal, pelatihan, sertifikasi, maupun pengalaman kerja.

Djoko menutup sambutannya dengan mengutip Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia, Bagian Standar Umum-Kompetensi dan Kecermatan Profesional, yaitu “Auditor harus mempunyai pendidikan, pengetahuan, keahlian dan keterampilan, pengalaman, serta kompetensi lain yang diperlukan untuk melaksanakan tanggung jawabnya. Selain itu, auditor juga harus menggunakan kemahiran profesionalnya dengan cermat dan seksama (due professional care) dan secara hati-hati (prudent) dalam setiap penugasan audit intern.”

(Humas Malut/AV15-Monika)



Share      

Berita Terkait:

10 Nopember 2019 06:49:10 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
PSIA dan Diseminasi Pedoman Pengawasan Intern Berbasis Risiko
06 Nopember 2019 11:27:33 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Komitmen Kawal PBJ, PIP Semarang Selenggarakan Diklat Probity Audit
31 Oktober 2019 16:06:16 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Jateng Selenggarakan Diklat Probity Audit Tahun 2019
31 Oktober 2019 11:38:52 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Audit Berbasis Risiko Penjamin Kualitas Kapabilitas APIP
18 Oktober 2019 14:59:44 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pusbin JFA Gelar Sosiallisasi Penerapan JFA se-Provinsi Bali