Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Perkuat Pilar Akuntabilitas Melalui Workshop Penilaian Maturitas SPIP
06 September 2019 08:23:13 / sumbar1 / dibaca: 919 kali / Kat: SPIP

Padang (3/9) - Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Workshop Penilaian Maturitas SPIP di Lingkungan Pemerintah Daerah Wilayah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019. Workshop ini diselenggarakan di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 3-4 September 2019. Peserta terdiri dari para Inspektur dan tim Asesor Maturitas SPIP dari Inspektorat Provinsi, seluruh kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Sumatera Barat, dan Pejabat Fungsional Auditor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Slamet Susanto menyampaikan bahwa dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik diperlukan penguatan dua pilar akuntabilitas. “Upaya pemerintah dalam membangun akuntabilitas dibangun melalui upaya-upaya yang terukur, yaitu melalui dua pilar akuntabilitas. Pilar pertama adalah peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dan pilar yang kedua adalah peningkatan Kapabilitas Aparat pengawasan Intern Pemerintah,” jelas Slamet.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ia menambahkan bahwa dalam membangun sistem pengendalian intern dan pengawasan intern harus tetap diikuti dengan upaya pembinaan integritas dan moral pegawai. “Harus kita sadari bersama bahwa meskipun akuntabilitas sudah dibangun melalui SPIP dan APIP, hal tersebut dapat dilemahkan oleh adanya 3 hal: intervensi, pengabaian sistem, dan kolusi. Ketiga hal tersebut erat hubungannya dengan isu integritas. Oleh karena itu, SPIP perlu terus dikembangkan melalui Penilaian Maturitas SPIP agar dapat diidentifikasi kelemahannya agar dapat dirancang tindakan perbaikan berdasarkan area of improvement yang dihasilkan (continuous improvement),” terangnya.

Selanjutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan pelaksanaan pretest bagi seluruh peserta dan paparan dari para narasumber, yaitu Strategi Peningkatan Maturitas SPIP oleh Koordinator Pengawasan JFA Bidang APD Jun Suwarno, Penilaian Level Maturitas SPIP oleh Fakhri Kardina (Auditor Madya), Penjelasan Teknis Pengujian Bukti dan Keterkaitan Sub Unsur dalam Penilaian SPIP oleh Dola Indrayani Putri (Auditor Pertama), dan Penilaian Maturitas SPIP dengan Aplikasi E-SPIP Versi 2 oleh Ruben Meyer Pandapotan (Auditor Pertama).

Penyelenggaraan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi bagi Tim Asesor Maturitas SPIP di seluruh Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Sumatera Barat yang telah dibentuk, utamanya terkait dengan peningkatan pemahaman atas penyelenggaraan SPIP, proses penilaian Maturitas SPIP, pemenuhan bukti dukung, keterkaitan antar unsur dan subunsur dalam SPIP, sampai dengan teknis penilaian dengan menggunakan Aplikasi E- SPIP versi 2.

Humas BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

14 Oktober 2019 10:10:46 / ntt1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP NTT Hadiri Rakerda PDAM/Perumda Air se-Provinsi NTT
14 Oktober 2019 08:40:50 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Membangun FEWS bersama Pemkab Natuna
01 Oktober 2019 12:11:12 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Percepat SPIP Level 3, BPKP Bengkulu Undang Sekda dan Inspektur Ikuti Workshop
25 September 2019 09:42:35 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP DIY Lakukan FRA Reforma Agraria pada Kantor Wilayah BPN DIY
25 September 2019 09:19:26 / jabar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Tiga Langkah Pemkab Hadapi Tantangan Zaman