Bahas RKA, BPKP Hadiri RDP dengan Komisi XI

BPKP memaparkan pagu anggaran dan target output tahun 2020. Iswan menyampaikan desain prioritas kegiatan pengawasan untuk tahun 2020 mengacu pada Indikator Kinerja Utama (IKU) BPKP diukur melalui peningkatan capaian maturitas SPIP, peningkatan kapabilitas APIP, dan peningkatan Indeks Akuntabilitas Program Prioritas Pembangunan Nasional (AP3N).

Terkait realisasi anggaran BPKP tahun 2019 hingga 27 Agustus 2019 telah mencapai 65 persen. Hal tersebut telah melampaui target yang ditetapkan sebesar 54,49 persen. Berdasarkan hasil penelaahan trilateral meeting dengan Bappenas dan Kementerian Keuangan, pagu anggaran BPKP untuk tahun 2020 sebesar 1.860.968.834.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi XI Purnama Sidi menyatakan bahwa lembaga dengan fungsi pengawasan seperti BPKP, BPK, dan LKPP, berapa pun anggaran yang diminta, harus diperjuangkan.

“Bagi saya, lembaga-lembaga ini harus kita perkuat karena ini menyangkut efisiensi dari perencanaan anggaran dari K/L yang ada. Jadi ada penyelamatan-penyelamatan yang menurut saya bisa menjawab problem kita selama ini terkait dengan defisit anggaran, temuan-temuan, dan efisiensi,” ujar Purnama Sidi.

RDP dilaksanakan dengan Kementerian/Lembaga lainnya secara bersamaan, yakni Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Setjen Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).