Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Peningkatan Kapabilitas APIP melalui Penjagaan Kualitas KKA dan Telaah Sejawat
02 September 2019 09:51:52 / diy1 / dibaca: 569 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Yogyakarta (29/8) - Forum Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) dengan tema "Upaya Peningkatan Kapabilitas APIP melalui Penjagaan Kualitas Kertas Kerja Audit (KKA) dan Telaah Sejawat" diselenggarakan di Hotel Crystal Lotus Yogyakarta. Acara yang dihadiri oleh perwakilan APIP se-wilayah D.I. Yogyakarta ini dibuka oleh Ketua AAIPI Wilayah DIY sekaligus Inspektur D.I Yogyakarta Wiyos Santoso didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A Sunarto.

Dari 543 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia, baru 5% atau sekitar 25 kabupaten/kota yang Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)-nya mencapai level 3 secara penuh. Hal ini belum memenuhi harapan pencapaian Kapabilitas APIP Tahun 2019.

Dalam sambutannya, Wiyos Santoso menyatakan bahwa salah satu komponen penilaian Kapabilitas APIP adalah pelaksanaan telaah sejawat. Wiyos mengharapkan APIP bisa saling koreksi, saling berdiskusi, sehingga jika ada kekurangan dalam forum ini dapat saling memperbaiki. Lebih lanjut, Wiyos mengharapkan agar telaah sejawat yang akan dilaksanakan menghasilkan penilaian yang bagus namun bukan karena unsur penilaiannya dikurangi, melainkan karena audit yang dilakukan benar-benar berkualitas

Sementara itu, Sunarto menyatakan bahwa selama ini BPKP sudah melakukan upaya peningkatan Kapabilitas APIP dalam bentuk penilaian atau Quality Assurance atas Kapabilitas APIP. Dalam Internal Audit Capability Model (IACM) Elemen 3 (Praktik Profesional) menghendaki adanya Telaah Sejawat, artinya kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan APIP di samping yang diamanatkan oleh para stakeholder, juga untuk melakukan Peningkatan Kapabilitas APIP. Ia mengharapkan agar setiap APIP mempunyai sertifikat profesional karena telaah sejawat dan sertifikasi profesional merupakan salah satu pendukung dalam peningkatan Kapabilitas APIP.

Forum dilanjutkan dengan pemaparan secara singkat oleh Neinu dan Dian mengenai Hasil Workshop Telaah Sejawat AAIPI yang telah diikuti sebelumya di AAIPI Pusat dengan dimoderatori oleh Siti Hariyani dari Inspektorat Provinsi. Sebagai penutup, Sidik Wardaya dari Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta melakukan overview materi Peningkatan Kapabilitas APIP se-D.I Yogyakarta melalui penjagaan kualitas KKA dan telaah sejawat.

(Humas BPKP DIY/Gadis)



Share      

Berita Terkait:

18 Oktober 2019 13:46:49 / gilang / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Kapabilitas APIP Dukung Good Governance Pemda
17 Oktober 2019 09:20:52 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Kompetensi, Sebuah Kewajiban APIP
04 Oktober 2019 10:10:58 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Undang BPKP, KPK Selenggarakan Workshop Kapabilitas APIP
24 September 2019 08:14:36 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Kapabilitas Audit Investigasi APIP Provinsi Sumbar
18 September 2019 09:55:52 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Sulsel Perkuat Kapasitas SDM APIP Pemkab Maros