Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Interkoneksi OM-SPAN dengan Siskeudes Sederhanakan Pengelolaan Keuangan Desa
20 Agustus 2019 09:11:45 / adminkita / dibaca: 5293 kali / Kat: Siskeudes

Jakarta (19/8) - Sejak 2017, mekanisme penyaluran Dana Desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dilakukan melalui tiga tahap. Khusus penyaluran tahap III, persyaratan penyalurannya adalah melampirkan Laporan Realisasi Penyerapan dan Capaian Output Dana Desa, yg dihasilkan dari aplikasi Siskeudes. Sementara itu, untuk pemenuhan persyaratan penyaluran dana desa serta monitoring dan evaluasi penyaluran Dana Desa, Pemda difasilitasi dengan aplikasi  Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN). 

Dalam rangka penyederhanaan mekanisme penyaluran, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengoordinasikan interkoneksi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) melalui kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan BPKP.

Peluncuran interkoneksi ini dilaksanakan di Hotel Borobudur dan dihadiri oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Gatot Darmasto beserta jajaran, kementerian/lembaga terkait, beberapa bupati, kepala dinas, administrator Siskeudes, mitra pembangunan, dan LSM.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan testimoni. "Dulu pengerjaan sampai beberapa hari kerja. Setelah interkoneksi, penyaluran tahap ketiga jadi lebih cepat," ujar Marwan. Interkoneksi aplikasi Siskeudes dan OMSPAN dapat mempercepat pemenuhan persyaratan penyaluran Dana Desa, memberikan kemudahan dalam proses pelaporan, dan pertanggungjawaban Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Melalui interkoneksi ini diharapkan tidak terjadi duplikasi input data, mengurangi resiko kesalahan, menghemat sumberdaya, dan memperjelas tanggung jawab pengisian data laporan output dan penggunaan Dana Desa. Penginputan persyaratan penyaluran secara manual dapat memakan waktu harian hingga mingguan. Namun, dengan adanya interoneksi ini, waktu tersebut dapat dipangkas menjadi hitungan menit. 

 

(Tim Humas BPKP Pusat)



Share      

Berita Terkait:

11 Nopember 2019 19:01:31 / ntt1 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes Versi 2.0.2 di Pemkab Kupang
10 Nopember 2019 07:09:15 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
Bupati Banyumas Ajak Para Kades Aplikasikan Siskeudes
07 Nopember 2019 09:03:40 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
Kab. Banjarnegara Kawal 266 Desa Terapkan Aplikasi Siskeudes
06 Nopember 2019 09:48:19 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
Rapat Kerja Komite IV DPD RI Bahas Pengawasan Keuangan Desa
25 Oktober 2019 08:54:42 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
BPKP Kalbar Diseminasikan Interkoneksi Siskeudes dan OM-SPAN