Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Inspektorat Kabupaten Berau Raih Kapabilitas APIP Level 3
19 Agustus 2019 09:24:08 / kaltim1 / dibaca: 1768 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Tanjung Redeb (15/8) - "Mari mencoba melangkah bersama-sama, karena kita bisa dan tidak sendiri." Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwaklan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Adil H Pangihutan pada saat Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Level 3 yang diselenggarakan di Kantor Inspektorat Kabupaten Berau. Jajaran APIP di wilayah Kalimantan Timur agar mengakselerasi langkah menuju Level 3 yang merupakan target RPJMN 2015-2019.

Pada pertengahan bulan ini, Inspektorat Kabupaten Berau diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah dalam menyelenggarakan kegiatan Workshop Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 di Lingkungan Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan workshop ini selain dihadiri oleh utusan seluruh Inspektorat se-Kalimantan Timur, secara khusus juga dihadiri oleh Bupati Berau Muharram, Sekda Muhammad Gazali,  dan Kepala Inspektorat Berau Riza Fahmi.

Bupati dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan workshop tersebut dapat meningkatkan ketajaman peran dan strategis Inspektorat sebagai penjamin mutu atas tata kelola pemerintahan yang baik. Menurutnya, APIP juga harus menjadi mitra sejajar aparat penegak hukum. Selain itu pula APIP harus mampu meningkatkan kualitas tata kelola penyelengaraan tugas dan fungsi pemerintah daerah.

Pembukaan workshop ditandai dengan penyerahan Laporan Hasil Penjaminan Kualitas atas Penilaian Mandiri Kapabilitas Level 3 dari Kepala BPKP Provinsi Kalimantan Timur kepada Bupati Berau yang kemudian diserahkan kepada Inspektur Kabupaten Berau sebagai bahan peningkatan ke level berikutnya.

Seperti diketahui bahwa kapabilitas APIP merupakan salah satu sasaran dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dengan target APIP Kementerian/Lembaga dan APIP daerah mencapai level tiga pada akhir tahun 2019.

Di sisa masa 2019 ini, Adil mengajak para Inspektur untuk menuntaskan target bersama-sama dalam memenuhi kapasitas dan kualitas APIP. Ia menambahkan bahwa dibutuhkan komitmen bersama para pimpinan daerah dan APIP-nya sehingga APIP dapat berperan secara efektif, yaitu APIP mampu memberikan keyakinan yang memadai atas keekonomisan, efisiensi, efektivitas, dan ketaatan, memberikan peringatan dini, meningkatkan efektivitas manajemen risiko, serta memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintahan. (Humas BPKP Kaltim/lutfi)



Share      

Berita Terkait:

21 Januari 2020 15:35:19 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Sinergi BPKP dan BPK Sulbar Kawal Akuntabilitas
20 Januari 2020 14:38:00 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pegawai BPKP DIY Berkomitmen Jaga Integritas
17 Januari 2020 14:35:54 / ntt1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Sertijab Kepala Perwakilan BPKP NTT
15 Januari 2020 12:12:17 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Sulbar Lantik Kaper BPKP Sulbar
14 Januari 2020 16:05:47 / ntt1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Anjangsana Kaper BPKP NTT ke Polda NTT