Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Strategi Peningkatan PAD & Kapabilitas APIP Kota Payakumbuh
19 Agustus 2019 09:18:39 / sumbar1 / dibaca: 327 kali / Kat: APIP

Rabu (14/8) - Dalam suasana penuh keakraban dilaksanakan diskusi mengenai upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan strategi peningkatan level kapabilitas APIP di Kantor Wali Kota Payakumbuh. Hadir pula Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz didampingi oleh Kepala DPPKA Kota Payakumbuh Syafwal, dan Inspektur Kota Payakumbuh Andri Narwan. Dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, hadir Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro yang didampingi oleh Korwas Bidang P3A BPKP Sumbar Novizar, dan Tim Evaluasi dan Optimalisasi PAD dari Bidang APD.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro menyampaikan tentang pajak daerah dan retribusi daerah sebagai salah satu komponen PAD. Penting untuk diperhatikan agar ketergantungan daerah kepada pemerintah pusat (dana perimbangan) semakin berkurang dan daerah harus memiliki akuntabilitas yang tinggi atas pembayaran pajak warganya. Untuk itu, diperlukan peningkatan peran Pemerintah Daerah, masyarakat, dan sektor swasta secara bersama-sama.

Untuk meningkatkan penerimaan PAD, dapat dilakukan ekstensifikasi dan intensifikasi penerimaan PAD. Merespon hal tersebut, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, menyampaikan tekad Pemko Payakumbuh untuk serius meningkatkan pendapatan asli daerahnya. Buyung memberikan masukan berdasarkan hasil evaluasi tim dan pengalaman, serta pengamatan yang dilaksanakan oleh BPKP selama ini terkait optimalisasi PAD. Wakil Wali Kota Payakumbuh mengharapkan bantuan BPKP untuk melakukan transfer ilmu dan pengalaman kepada pengelola PAD di lingkungan Pemko Payakumbuh sehingga dapat menyelesaikan dan menyempurnakan berbagai hal guna pencapaian PAD yang optimal.

Satu hal yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat terkait kebijakan yang dapat diambil dikaitkan dengan kewenangan sesuai UU Nomor 28 Tahun 2009, misalnya tentang persentase tarif pajak daerah dan retribusi. Hal tersebut perlu agar dipertimbangkan secara hati-hati memperhatikan kondisi sosial, ekonomi, dan politik yang ada saat ini.

Pertemuan ini juga membahas mengenai strategi peningkatan kapabilitas APIP Kota Payakumbuh. Korwas P3A Novizar menyampaikan bahwa upaya peningkatan kapabilitas APIP tidak terlepas dari pentingnya memenuhi kapasitas dan kualitas personil APIP itu sendiri. Hal tersebut membutuhkan komitmen pimpinan dalam menyediakan anggaran untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan personil APIP. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro khusus meminta dukungan pimpinan Kota Payakumbuh dalam pembentukan Komite Audit. 

 

Humas BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

12 September 2019 16:18:09 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Inspektorat Kabupaten Penajam Paser Utara Raih Kapabilitas APIP Level 3
09 Agustus 2019 08:58:01 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: APIP
BPKP Gorontalo Berikan Penghargaan APIP Level 3 kepada Pemkab Pohuwato
19 Juli 2019 10:54:58 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Integritas dan Profesional Kunci Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintah
18 Juli 2019 10:06:52 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: APIP
Hilangkan Niat dengan Integritas, Hilangkan Kesempatan dengan Membangun Pengendalian Intern
03 Mei 2019 10:23:29 / dian_setyawati / dibaca: kali / Kat: APIP
Apresiasi atas Capaian Level 3 Kapabilitas APIP Badan POM