Pengelolaan Dana Desa yang Partisipatif, Transparan, dan Akuntabel

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Takalar Ahmad Dg. Se’re yang menyampaikan apresiasi kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan yang selama ini telah membantu Pemerintah Kabupaten Takalar dalam pengelolaan keuangan dana desa.

Workshop yang dihadiri oleh 83 orang peserta ini mengangkat tema ”Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa yang Partisipatif, Transparan, dan Akuntabel dengan Menggunakan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0". Peserta tersebut berasal dari 63 desa dari delapan kecamatan.  Kegiatan ini dipandu oleh Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Takalar Faisal Sahing. 

Narasumber dalam kegiatan workshop ini antara lain Anggota Komisi XI DPR RI Amir Uskara dengan  materi "Implementasi UU Nomor 60 Tahun 2014", Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintah Desa Iskandar Novianto dengan materi "Pengawalan Pengelolaan Keuangan Desa  dengan Apliksi Siskeudes 2.0", Kepala Sub Auditor Sulawesi SeIatan III Perwakilan BPK RI I Wayan Artdana Adi Sudharma dengan materi "Kebijakan dan Fokus Pemeriksaan Keuangan dan Desa", dan  Iptu Jabar Panit I Unit 4 Subdit 3 Tipikor Polda Sulawesi Selatan dengan materi "Peran POLRI dalam Mengawal Pembangunan Desa".

Sebagai pembicara akhir pada workshop ini, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap memaparkan hasil evaluasi implementasi Siskeudes 2.0 di Kabupaten Takalar. Ia memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Takalar yang telah bermitra dengan BPKP dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan melalui beragam tools yang disediakan oleh BPKP.

humas bpkp sulsel (tony sairdekut)